Senin, 29/04/2024 06:21 WIB

Mar`ie Muhammad

Meninggalnya Pengukur Rumah Soeharto

Soeharto kala itu tak bisa marah karena di bawah kegigihan dan keberanian Mar`ie, pemerintah berhasil melampaui target penerimaan pajak dari Rp9 triliun menjadi Rp19 triliun.

Jakarta - Mar`ie Muhammad. Tokoh kelahiran Surabaya, 3 April 1939 ini selalu tampil smart dan dapat dipercaya dalam memegang amanat. Sesuatu yang sangat langka di era pemerintahan Orde Baru pimpinan (Alm) Soeharto.

Sepak terjang Mar`ie sangat tersohor dalam membersihkan `tikus kerah putih` ketika menjabat sebagai Dirjen Pajak dan Menteri Keuangan di era Orde Baru. Mar`ie dengan tegas menyatakan bahwa sepeser pun uang yang dikorupsi dardi perpajakan akan ia kejar. Ketegasan ini tergolong sangat berani di era Orde Baru yang dikenal otokratif dan selalu mempersempit ruang perbedaan.

Nama Mar`ie sangat tersohor ketika berhasil membersihkan Ditjen Pajak tahun 1989 yang terkenal sebagai “lahan basah” bagi oknum PNS petugas pajak. Kong kalikong antara oknum PNS dan para wajib pajak adalah hal umum kala itu. Namun Mar`ie berani menyatakan ke publik bahwa ada kerugian negara hingga triliunan rupiah.

Banyak yang ketar-ketir dengan keberanian Mar`ie Muhammad ketika itu. Bahkan Presiden Soeharto kabarnya sempat panas dingin lantaran tak menduga akan ada pejabat yang berani terbuka di bawah genggaman kekuasaannya yang super kuat. Ia pun berani mengukur rumah kediaman Presiden Soeharto untuk memastikan wajib pajak sang presiden kala itu.

Namun Presiden Soeharto kala itu tak bisa marah. Pasalnya, di bawah kegigihan dan keberanian Mar`ie, pemerintah berhasil melampaui target penerimaan pajak dari Rp9 triliun menjadi Rp19 triliun.

Kini, sang Mr Clean sudah meninggal dengan tenang pada usianya yang ke-77, 11 Desember 2016. Selamat jalan Mar`ie Muhammad.

KEYWORD :

Mr Clean




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :