Senin, 29/04/2024 12:21 WIB

Puluhan Perusahaan Produksi Pil COVID-19 Merck Versi Murah

Kesepakatan, yang dinegosiasikan Medicines Patent Pool (MPP) yang didukung PBB dengan Merck, akan memperluas produksi dengan meningkatkan jumlah perusahaan.

FOTO FILE: Pil pengobatan COVID-19 eksperimental yang disebut molnupiravir sedang dikembangkan oleh Merck & Co Inc dan Ridgeback Biotherapeutics LP, terlihat dalam foto selebaran tak bertanggal yang dirilis oleh Merck & Co Inc dan diperoleh Reuters 17 Mei 2021. Merck & Co Inc /Handout melalui Reuters

BRUSSELS, Jurnas.com - Badan yang didukung PBB mencapai kesepakatan untuk hampir 30 pembuat obat generik untuk membuat versi murah pil COVID-19, molnupiravir keluaran Merck & Co untuk negara-negara miskin.

Menurut hasil uji klinis, pil antivirus, yang pada Desember menerima persetujuan darurat di Amerika Serikat (AS), mengurangi rawat inap dan kematian pasien berisiko tinggi sekitar 30 persen.

Kesepakatan, yang dinegosiasikan Medicines Patent Pool (MPP) yang didukung PBB dengan Merck, akan memperluas produksi dengan meningkatkan jumlah perusahaan. Sebelumnya, Merck menandatangani perjanjian lisensi dengan delapan pembuat obat India pada Oktober.

Dikutip dari Reuters, perjanjian baru memungkinkan 27 pembuat obat generik dari India, China dan negara-negara lain di Afrika, Asia dan Timur Tengah untuk memproduksi bahan dan obat jadi.

MPP mengatakan, kesepakatan itu menetapkan, pil akan didistribusikan ke 105 negara kurang berkembang. Seorang juru bicara kemudian mengatakan pengiriman dari beberapa perusahaan yang tercakup dalam kesepakatan dapat dimulai pada awal Februari.

Satu resep molnupiravir 40 pil selama lima hari diperkirakan menelan biaya sekitar US$20 di negara-negara miskin, seorang pejabat MPP yang terlibat dalam pembicaraan dengan pembuat obat mengatakan kepada Reuters, mengutip perkiraan awal dari pembuat obat, yang dapat berubah.

Angka itu jauh di bawah US$700 per resep yang AS setujui untuk membayar pengiriman awal 1,7 juta resep, tetapi dua kali lebih tinggi dari perkiraan pertama oleh program yang didukung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk pengadaan obat-obatan dan vaksin COVID-19 dunia.

Pengembang molnupiravir, yang bersama Merck adalah perusahaan AS Ridgeback Biotherapeutics dan Emory University, tidak akan menerima royalti untuk penjualan versi murah yang dibuat oleh pembuat obat generik.

Beximco Pharmaceuticals dari Bangladesh, Natco Pharma dari India, Aspen Pharmacare Holdings dari Afrika Selatan, dan Fosun Pharma dari China adalah di antara perusahaan obat generik yang akan memproduksi produk jadi.

Perusahaan lain, termasuk Laboratorium Dr Reddy India, telah membuat kesepakatan sebelumnya dengan Merck untuk produksi molnupiravir. Dr Reddy`s akan menjual molnupiravir dengan harga 1.400 rupee (US$18,8) per kursus.

Juru bicara MPP mengatakan belum ada perkiraan pasti tentang kemungkinan output dari pembuat obat generik yang dicakup oleh kesepakatan itu, tetapi permintaan negara-negara miskin diperkirakan sebagian besar akan tercakup.

MPP bekerja untuk meningkatkan akses ke obat-obatan yang menyelamatkan jiwa bagi negara-negara miskin. Ini juga memiliki perjanjian dengan Pfizer untuk sub-lisensi dari pil COVID-19 paxlovid kepada pembuat obat generik.

KEYWORD :

Pil COVID-19 molnupiravir Merck & Co




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :