Selasa, 07/05/2024 00:01 WIB

Australia Tolak Alasan Djokovic Hindari Vaksinasi

Pemerintah Australia menolak pengajuan pengadilan dari pengacara Novak Djokovic, yang merinci alasan kliennya belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 hingga saat ini.

Novak Djokovic (Foto: BBC)

Sydney, Jurnas.com - Pemerintah Australia menolak pengajuan pengadilan dari pengacara Novak Djokovic, yang merinci alasan kliennya belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 hingga saat ini.

Dalam sebuah dokumen pengajuan setebal 35 halaman, Djokovic dikatakan belum divaksinasi karena baru pulih dari infeksi Covid-19 akhir tahun lalu, yang dikuatkan dengan hasil PCR pada 16 Desember 2021.

Namun dalam pengajuan pengadilan pada Minggu (9/1), pengacara untuk pemerintah Australia menolak ini sebagai alasan yang sah.

"Tidak ada bukti bahwa pemohon memiliki penyakit medis berat akut pada Desember 2021. Yang dia katakan adalah dia dites positif Covid-19. Ini tidak sama," ujarnya dikutip dari BBC pada Senin (10/1).

Pengacara pemerintah juga memastikan bahwa "tidak ada pengecualian seperti itu", sebagai jaminan masuknya warga asing ke Australia.

Di Australia, berita bahwa Djokovic diberikan pengecualian medis disambut dengan kemarahan dari warga, yang telah hidup di bawah beberapa aturan Covid-19 yang paling ketat di dunia.

Kontrol itu telah memisahkan keluarga, dan berarti orang-orang melewatkan pemakaman, kelahiran, dan pernikahan. Sekarang setelah lebih dari 90 persen penduduk Australia berusia di atas 16 tahun divaksinasi, beberapa aturan telah dilonggarkan. Namun, beberapa orang masih tidak dapat melakukan perjalanan antarnegara bagian atau global karena regulasi saat ini.

"Saya pikir itu memalukan," kata warga Melbourne Christine Wharton kepada ABC awal pekan lalu.

"Kami semua telah melakukan hal yang benar, kami semua telah keluar dan mendapatkan suntikan dan (vaksinasi) booster, dan kami memiliki seseorang yang datang dari luar negeri dan tiba-tiba dia dibebaskan dan bisa bermain," lanjut dia.

Saat ini, Djokovic yang datang ke Australia untuk mengikuti Australia Terbuka, ditahan di pusat penahanan imigrasi. Pengacara petenis nomor satu dunia itu siap mengajukan banding atas pembatalan visa Djokovic.

KEYWORD :

Novak Djokovic Petenis Dunia Australia Open Bukti Vaksinasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :