Kamis, 16/05/2024 13:32 WIB

Sekjen Kementerian ESDM Ambil Sumpah PNS Baru

PNS harus bekerja secara professional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena masyarakat sudah mempunyai kesadaran terhadap hak yang tinggi terhadap setiap pelayanan yang diberikan Pemerintah.

Para PNS di lingkungan Kementerian ESDM yang baru saja diambil sumpahnya oleh Sekjen Kemen ESDM Ego Syahrial. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dituntut untuk dapat bekerja keras dan profesional dalam melaksanakan tugas pekerjaan yang dipercayakan kepadanya. Saat ini, masyarakat juga semakin sadar akan hak-haknya untuk dilayani secara baik oleh PNS yang merupakan abdi masyarakat.

Hal itu, disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial saat pengambilan sumpah/janji PNS di lingkungan Kementerian ESDM, di Jakarta, Kamis (6/1).

"Sebagai Pegawai Negeri Sipil yang sudah diangkat tentunya Saudara-saudara mempunyai tanggung jawab moral dalam melaksanakan tugas pekerjaan yang dibebankan pada pundak Saudara, untuk itu Saudara harus mengembangkan potensi, baik pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan sikap perilaku sebagai Pegawai Negeri Sipil," ujar Ego.

Menurut Ego, saat ini, PNS harus bekerja secara professional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena masyarakat sudah mempunyai kesadaran terhadap hak yang tinggi terhadap setiap pelayanan yang diberikan Pemerintah.

"Saudara dituntut bekerja keras dan profesional dalam melaksanakan tugas pekerjaan yang dipercayakan pada pundak Saudara, hal ini tentunya dalam rangka untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya terutama kepada masyarakat, yang dalam era reformasi ini telah mempunyai kesadaran yang tinggi terhadap setiap pelayanan yang dilakukan oleh Instansi Pemerintah, karena masyarakat semakin sadar akan hak-haknya untuk dilayani secara baik oleh Pegawai Negeri Sipil yang merupakan abdi masyarakat," tutur Ego.

Menjadi PNS, khususnya di Kementerian ESDM, memikul tanggung jawab yang berat karena Kementerian ESDM adalah Kementerian yang mempunyai peran strategis dan mengemban tugas negara yang sangat berat, antara lain tugas untuk melakukan pembinaan dan pengelolaan sumber daya alam yang pada saat ini masih menjadi harapan dan tumpuan negara, dalam rangka menghasilkan devisa untuk penerimaan negara yang masih sangat besar jumlahnya.

"Untuk mengelola sumber daya alam Indonesia yang sangat melimpah, diperlukan sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan serta profesional dalam melaksanakan tugasnya untuk menggali dan mengelola secara bijak potensi sumber daya alam tersebut," imbuhnya.

Untuk itu, Ego berharap, PNS yang hari ini diambil sumpahnya dapat menjadi generasi muda yang andal serta mempunyai dedikasi dan integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan. Mampu membawa citra dan nama Kementerian sebagaimana penerapan Core Value Ber-AKHLAK. Suatu saat nanti, secara alami pimpinan yang saat ini sedang menjabat akan memasuki purna bakti dan pensiun.

"Sebagai generasi penerus, kami harap kelak dikemudian hari Saudara akan meneruskan estafet kepemimpinan, menggantikan generasi terdahulu. Oleh sebab itu Saudara menjadi tumpuan harapan kami agar dapat melanjutkan kinerja yang telah dibangun selama ini yang telah berjalan dengan baik, agar dapat ditingkatkan lebih baik lagi dimasa yang akan datang," harap Ego.

KEYWORD :

Ego Syahrial PNS ESDM Tugas Pelayanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :