Sabtu, 27/04/2024 21:42 WIB

Kasus e-KTP

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Diperiksa KPK

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo didamping Ketua KPK

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akan diperiksa sebagai saksi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Hari ini (7/12), terkait  kasus dugaan korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, Ganjar diperiksa untuk  melengkapi berkas penyidikan tersangka Sugiharto, pejabat pembuat komitmen proyek e-KTP. Karena  Ganjar merupakan pimpinan Komisi II DPR yang menjadi mitra Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).

Sebelumnya, Mantan Bendum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin sempat mengungkap keterlibatan Ganjar. Bahkan, Nazaruddin menyebut jika politikus PDIP ini ikut kecipratan fulus haram dari proyek bernilai Rp 5,9 triliun itu. "Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi," kata Ganjar saat dikonfirmasi.

Ganjar sendiri telah memenuhi panggilan pemeriksaan. Dia mengaku diperiksa terkait kasus e-KTP. Sejumlah anggota Komisi II sebelumnya juga telah diperiksa KPK.

"Masalah e-KPK. Kayaknya seluruh Komisi II kemarin dipanggil memberikan kesaksian, kita datang," ucap Ganjar di Gedung KPK, Jakarta.

Sepengetahuannya, klaim Ganjar, proyek e-KTP pada proses awal berjalan tak ada persoalan berarti. Namun, Ganjar tak menampik dalam proses pengadaan terdapat sejumlah persoalan. Itu, kata Ganjar, yang harus dibongkar. "Penggadaan itu agak ramai, itu nanti kita lihat saja," ujar  Ganjar.

Selain Ganjar penyidik KPK juga mengagendakan pemeriksaan terhadap Anggota DPR RI, Markus Nari; Anggota DPR RI Periode 2009 - 2014, Chairuman Harahap; dan Junaidi selaku PNS Kementrian Dalam Negeri RI. Mereka juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Sugiharto. Sugiharto sendiri hari ini dijadwalkan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka.

KPK telah menetapkan 2 orang tersangka dalam kasus ini, yaitu eks Dirjen Dukcapil Irman dan mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Sugiharto. Saat proyek itu, Irman juga menjabat kuasa pengguna anggaran, sementara Sugiharto sebagai pejabat pembuat komitmen.

KEYWORD :

Kasus e-KTP Ganjar Pranowo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :