Kamis, 09/05/2024 11:11 WIB

Varian Omicron Menyebar, Joe Biden Tak Mau Lagi Lockdown

Larangan perjalanan AS mulai berlaku padaSenin yang memblokir sebagian besar pengunjung dari delapan negara Afrika selatan memasuki negara itu. 

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berbicara tentang janji pemerintahannya untuk menyumbangkan 500 juta dosis vaksin virus corona Pfizer (PFE.N) ke negara-negara termiskin di dunia, selama kunjungan ke St Ives di Cornwall, Inggris, pada 10 Juni 2021. (Foto: Reuters/Kevin Lamarque)

WASHINGTON, Jurnas.com - Presiden Joe Biden pada Senin mendesak warga Amerika Serikat (AS) untuk tidak panik tentang varian baru COVID-19 Omicron. Dia mengatakan, AS bekerja dengan perusahaan farmasi untuk membuat rencana darurat jika vaksin baru diperlukan.

Biden mengatakan, tidak akan kembali lockdown untuk menghentikan penyebaran Omicron. Dia mengatakan akan menyusun strateginya pada Kamis untuk memerangi pandemi selama musim dingin.

Dia mendesak warga AS untuk mendapatkan vaksinasi, mendapatkan booster dan memakai masker. "Varian ini menimbulkan kekhawatiran, bukan penyebab kepanikan," kata Biden dalam sambutannya di Gedung Putih setelah pertemuan dengan tim COVID-19-nya.

"Kami akan bertarung dan mengalahkan varian baru ini," katanya.

Biden mengatakan tidak dapat dihindari bahwa kasus Omicron, yang pertama kali terdeteksi di Afrika selatan, akan muncul di AS. Dia mengatakan para pejabat masih mempelajari Omicron tetapi percaya bahwa vaksin yang ada akan terus melindungi dari penyakit parah.

Biden mengatakan pemerintahannya bekerja dengan pembuat vaksin Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson untuk mengembangkan rencana darurat.

"Jika tidak, semoga tidak, bahwa vaksinasi atau booster yang diperbarui diperlukan untuk menanggapi varian baru ini, kami akan mempercepat pengembangan dan penerapannya dengan setiap alat yang tersedia," katanya.

Biden mengatakanakan, mengarahkan Food and Drug Administration (FDA) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) untuk menggunakan proses tercepat yang tersedia tanpa memotong sudut untuk keamanan agar vaksin tersebut disetujui dan di pasar jika diperlukan

Larangan perjalanan AS mulai berlaku padaSenin yang memblokir sebagian besar pengunjung dari delapan negara Afrika selatan memasuki negara itu. Penerbangan sebelumnya dari Afrika Selatan ke AS tidak menyaring penumpang setelah varian ditemukan.

Biden mengatakan pembatasan perjalanan diberlakukan untuk memberi negara waktu untuk membuat lebih banyak orang divaksinasi.

Keraguan terhadap vaksin di AS dan di seluruh dunia telah menggagalkan upaya pejabat kesehatan masyarakat untuk mengendalikan pandemi.

Hanya 59 persen dari semua orang Amerika yang sepenuhnya divaksinasi, meskipun hampir 70 persen sekarang memiliki setidaknya satu dosis. Hampir 782.000 orang telah meninggal karena COVID-19 di Amerika Serikat, menurut penghitungan Reuters.

Sebagian besar AS tutup pada awal pandemi, tetapi aktivitas ekonomi dan pekerjaan telah bangkit kembali dalam beberapa bulan terakhir. Masker wajah dan mandat vaksin ditentang beberapa politisi Republik, bahkan ketika para ahli kesehatan memuji keefektifannya. (REUTERS)

KEYWORD :

Afrika Selatan Varian B11529 Omicron Amerika Serikat Joe Biden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :