Senin, 13/05/2024 05:08 WIB

Tahukah Kamu? Ini Arti Logo Bunga di Jersey Tim Inggris

Kisahnya, setelah Perang Dunia I, bunga poppy menjadi simbol pemersatu untuk mengenang para prajurit yang menyerahkan nyawa dan mengisi zona perang Eropa Utara, saat mewakili negara mereka antara tahun 1914 dan 1918.

Logo bunga poppy di jersey tim Liga Inggris (Foto: Goal)

London, Jurnas.com - Keberadaan logo bunga berwarna merah di jersey tim-tim Inggris menjadi tradisi di Liga Premier selama beberapa tahun terakhir. Bunga itu ialah bunga poppy.

Dikutip dari Goal pada Sabtu (6/11), bunga poppy merupakan simbol penghormatan kepada tentara, yang gugur dalam peristiwa Perang Dunia I.

Kisahnya, setelah Perang Dunia I, bunga poppy menjadi simbol pemersatu untuk mengenang para prajurit yang menyerahkan nyawa dan mengisi zona perang Eropa Utara, saat mewakili negara mereka antara tahun 1914 dan 1918.

Sejak 2012, setiap klub Liga Premier menyertakan logo bunga poppy di jersey selama November menjelang Hari Pahlawan, yang setiap tahunnya diperingati pada 11 November.

Bunga poppy merah secara khusus dipilih sebagai referensi ke medan perang, di mana bunga merah itu tumbuh berlimpah.

Kemeja khusus tersebut kemudian dilelang sebagai bagian dari Poppy Appeal tahunan, yang diselenggarakan oleh The Royal British Legion.

Sementara itu, beberapa pesepakbola memilih untuk tidak memakai bunga poppy, karena kesetiaan nasional mereka.

Pemain sepak bola Republik Irlandia James McClean, lahir dan dibesarkan di kota Derry di Irlandia Utara, dan dibesarkan di perkebunan Creggan, tempat enam orang yang terbunuh pada Minggu Berdarah pada tahun 1972 silam.

Minggu Berdarah adalah salah satu peristiwa paling signifikan dalam sejarah konflik The Troubles di negara itu, ketika tentara Inggris menembak 28 warga sipil tak bersenjata selama pawai protes damai.

McClean telah memutuskan untuk tidak memakai bunga yang mengandung opium itu, karena fakta bahwa simbol tersebut mewakili dan memberi penghormatan kepada personel militer yang tewas dalam perang.

Dia menolak untuk memakai poppy selama waktunya bermain di Inggris, dan tidak memakai poppy di pertandingan sebelumnya melawan Middlesbrough dan Nottingham Forest.

"Saya tahu banyak orang tidak akan setuju dengan keputusan saya atau bahkan mencoba untuk mendapatkan pemahaman tentang mengapa saya tidak memakai (bunga) opium," kata McClean.

"Saya menerima itu, tetapi saya akan meminta orang-orang untuk menghormati pilihan yang telah saya buat, sama seperti saya menghormati orang-orang yang memilih untuk memakai bunga poppy," sambung dia.

Stoke City, klub McClean menghormati keputusan tersebut. Dalam sebuah pernyataan disampaikan, "sebagai klub kami akan mendukung banding Poppy Legiun Kerajaan Inggris dengan mengenakan poppy di baju kandang kami dalam pertandingan melawan Middlesbrough pada 3 November dan pada seragam tandang kami dalam pertandingan melawan Nottingham Forest pada 10 November."

"Klub bangga dengan hubungan dekatnya dengan Angkatan Bersenjata dan juga mengundang anggota Angkatan Bersenjata untuk bergabung dalam peringatan kami di pertandingan Middlesbrough," tutupnya.

KEYWORD :

Arti Bunga Poppy Liga Inggris Stoke City James McClean




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :