Jum'at, 26/04/2024 17:52 WIB

Lockdown di Kota-kota Besar Australia Mulai Dilonggarkan

Dengan tren kasus yang lebih rendah di New South Wales, termasuk Sydney, penduduk akan diizinkan masuk bebas karantina ke Victoria untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga bulan. 

Selandia Baru telah menangguhkan pengaturan perjalanan bebas karantina dengan Australia. (Foto: AFP/SAEED KHAN)

SYDNEY, Jurnas.com - Pembatasan perjalanan antara Sydney dan Melbourne, kota-kota terbesar di Australia, dilonggarkan pada Rabu (20/10) ketika Victoria membuka perbatasannya untuk penduduk yang divaksinasi penuh dari New South Wales di tengah peningkatan pesat dalam tingkat imunisasi.

Dengan tren kasus yang lebih rendah di New South Wales, termasuk Sydney, penduduk akan diizinkan masuk bebas karantina ke Victoria untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga bulan. Wisatawan dari Melbourne yang ingin memasuki Sydney, harus teta[ menjalani karantina rumah selama dua minggu.

Infeksi harian di Victoria naik menjadi 1.841 pada Rabu, naik dari 1.749 sehari sebelumnya. Sebanyak 283 kasus dilaporkan di New South Wales, jauh menurun dari pandemi tertinggi pada bulan September.

Relaksasi dalam aturan perbatasan datang menjelang Victoria mencabut penguncian di Melbourne, ibu kota negara bagian, pada Jumat karena tingkat vaksinasi dosis ganda pada orang di atas 16 mendekati 70 persen. Lebih banyak pembatasan akan dilonggarkan ketika tarif melewati 80 dan 90 persen.

PadaJumat, 5 juta penduduk Melbourne akan mengalami enam penguncian dengan total 262 hari kumulatif sejak Maret 2020. Media Australia mengatakan ini adalah yang terpanjang di dunia, melebihi penguncian 234 hari di Buenos Aires.

Australia telah menikmati kehidupan bebas COVID hampir sepanjang tahun ini sampai wabah Delta dimulai di Sydney pada bulan Juni, yang dengan cepat menyebar ke negara tetangga Victoria. Negara bagian lain bebas COVID atau memiliki sangat sedikit kasus.

Sydney dan Canberra keluar dari pembatasan ketat selama berbulan-bulan di rumah minggu lalu setelah berlomba melalui target vaksinasi mereka.

Bahkan dengan wabah Delta, jumlah COVID-19 Australia jauh lebih rendah daripada banyak negara maju, dengan sekitar 149.000 kasus dan 1.577 kematian. (REUTERS)

KEYWORD :

Sydney Pembatasan COVID-19 Melbourne Australia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :