Minggu, 05/05/2024 10:23 WIB

Ini yang Harus Kamu Ketahui soal Squid Game yang Lagi Viral

Dalam episode

Ilustrasi Squid Game.(Foto: Reuters/Kim Hong-ji)

Jakarta, Jurnas.com - Squid Game yang terkenal dari Korea Selatan menjadi viral di seluruh dunia dan daring dengan mengubah permainan masa kanak-kanak yang populer sebelum era digital seperti "Lampu Merah, Lampu Hijau" menjadi tantangan bertahan hidup yang mematikan.

Permainan taman bermain di mana pemain berhenti dan pergi atas perintah tagger adalah salah satu dari enam permainan anak-anak dengan konsekuensi fatal yang digambarkan dalam film thriller berdarah yang dinamai variasi tag Korea Selatan yang dimainkan pada 1970-an dan 80-an menggunakan papan yang ditarik di tanah.

Dalam episode "Red Light, Green Light", pertunjukan pertama, para pemain ditembak karena gagal berdiri diam pada panggilan lampu merah.

Squid Game adalah yang terakhir dari 456 kontestan yang kekurangan uang di acara itu, mulai dari pembelot Korea Utara hingga manajer dana yang dituduh melakukan penggelapan, harus bersaing untuk mendapatkan hadiah 45,6 miliar won (US$38,66 juta).

Serial horor ini meraih popularitas sejak tayang perdana pada 17 September, menjadi drama Korea pertama yang merebut posisi teratas di Netflix di Amerika Serikat. Ini bisa menjadi pertunjukan paling populer secara global, kata Co-Chief Executive perusahaan Ted Sarandos, Senin (27/9).

"Kami tidak melihat itu datang, dalam hal popularitas globalnya," katanya.

Korea Selatan, ekonomi terbesar keempat di Asia, telah memantapkan dirinya sebagai pusat hiburan global dengan budaya popnya yang semarak, termasuk boy band beranggotakan tujuh orang BTS dan film-film seperti pemenang Oscar Parasite, sindiran tentang kelas dan masyarakat, dan Minari, tentang keluarga imigran Korea di Amerika Serikat.

Ketenaran Squid Game telah berpindah ke apa yang disebut metaverse, atau dunia digital di mana orang-orang bergerak dan berkomunikasi dalam lingkungan virtual.

Ribuan pengguna global telah memainkan "Red Light, Green Light" di beberapa ruang permainan yang dijuluki "Squid Game" di Roblox, pembuat platform video game online populer yang berbasis di California.

Ruangan meniru beberapa set film dan memungkinkan pengguna mendaftar untuk permainan "Lampu Merah, Lampu Hijau".

Di Twitter, tagar "SquidGame" dan "RedLightGreenLight" sedang tren dan ulasan tentang game Roblox telah membanjiri YouTube dan media sosial lainnya.

Tempat-tempat di luar dunia maya juga memanfaatkan popularitas acara tersebut.

Sebuah posting Facebook menunjukkan sebuah mal di Quezon City di Filipina  memasang salinan boneka 3m yang memanggil perintah dalam episode "Lampu Merah, Lampu Hijau", yang mengundang orang untuk bermain melintasi penyeberangan di luar dan memenangkan hadiah.

Menyusul keberhasilan seri sembilan bagian, musim kedua Squid Game sedang dalam pengerjaan, dan Netflix mengatakan berencana untuk menginvestasikan US$500 juta untuk film dan acara TV asli tahun ini di Korea Selatan, salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat di Asia. (Reuters)

KEYWORD :

Squid Game Lampu Merah Lampu Hijau Korea Selatan Serial Netflix




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :