Senin, 29/04/2024 06:14 WIB

Kendaraan Niaga

Mengenal Lebih Dekat Mitsubishi Colt Diesel FE SHD-X 6.666

Jajaran Mitsubishi Colt Diesel terus mengalami inovasi mulai dari sisi interior maupun eksteriornya. Lantas keunggulan apa yang diusung oleh Mitsubishi Colt Diesel FE SHD-X 6.666?

Mitsubishi Colt Diesel FE SHDX 6666/ Yogi

Jakarta – Siapa yang tak kenal Colt Diesel? Truk besutan Mitsubishi yang dijuluki ‘Kepala Kuning’ ini telah lama melekat di hati masyarakat Indonesia.

Hampir di setiap pelosok Tanah Air, kendaraan niaga andalan pabrikan berlogo tiga berlian tersebut mudah dijumpai terutama di sektor-sektor perdagangan, perkebunan hingga pertambangan.

Berdasarkan data wholesales, Mitsubishi Colt Diesel mampu menguasai pangsa pasar di kelas light duty truck sebesar 54,5%, dengan kata lain hingga kini populasinya sudah mencapai lebih dari 986.399 unit.

Sejak pertama kali dipasarkan tahun 1970-an, Mitsubishi Colt Diesel terus mengalami inovasi perubahan dan penyegaraan mulai dari sisi interior maupun eksteriornya.

Pada perhelatan GIIAS Agustus 2016 lalu, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) selaku authorized dealer kendaraan Mitsubishi di Indonesia, kembali memperkenalkan varian Colt Diesel terbaru,yakni FE SHD-X 6.666.

Selama 11 hari pameran GIIAS tersebut, jajaran Mitsubishi Colt Diesel termasuk varian anyar FE SHD-X 6.666, tak luput dari perhatian pengunjung, dan alhasil kendaraan niaga Mitsubishi cukup terbilang sukses mendulang penjualan di ajang paling bergengsi di ASEAN tersebut.

Dari total perolehan penjualan, varian Colt Diesel ternyata masih mendominasi penjualan sebanyak 456 unit, disusul Mitsubishi Fuso sebanyak 87 unit, dan di segmen light commercial vehicle (LCV) sebanyak 34 unit. Lantas keunggulan apa yang diusung oleh Mitsubishi Colt Diesel FE SHD-X 6.666?

Hadirnya varian anyar Colt Diesel dengan gardan yang lebih besar itu diklaim Mitsubishi dapat bermanuver di jalanan menanjak apalagi di medan off-road. Dan kali ini truk yang disebut Mitsubishi ‘Si Galak yang Jago Nanjak’ merupakan model yang dikembangkan dari varian FE SHDX.

Pengembangan pada model baru ini juga terletak pada perubahan Final Gear Ratio (Gardan) yang semakin besar, yaitu 6.666. Mitsubishi Colt Diesel FE SHD-X 6.666 ditawarkan KTB dengan harga Rp 280,2 juta.

  1. Tenaga Besar:

- Mitsubishi Colt Diesel FE SHD-X 6.666 mengusung mesin 4D34-2AT7 Turbo Intercooler. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga maksimum 136 PS dengan kadar emisi euro2.

- Chasis truk didukung oleh Led Spring di bagian depan dan Belakang. Dengan penyematan itu Mitsubishi Colt Diesel FE SHD-X 6.666 dapat mengangkut beban yang lebih berat.

- Sistem pengereman Mitsubishi Colt Diesel FE SHD-X 6.666 dibalut oleh Brake Shoe yang lebar membuat kendaraan kian tangguh dan tahan lama. Bahkan Final Gear Ratio sudah ditingkatkan menjadi 6.666 mm sehingga diklaim KTB cocok untuk segala kondisi medan berat.

  1. Fitur Kenyamanan:

- Untuk kenyamanan truk Mitsubishi Colt Diesel FE SHD-X 6.666 mempunyai fitur paling lengkap di kelasnya seperti penyematan Radio/USB/MP3.

- Terdapat fitur Tachometer yang berfungsi mempermudah penyelarasan putaran mesin dengan kecepatan kendaraan.

- Penyematan Mitsubishi Gear Shift yang menyatu dengan tuas transmisi dan dashboard yang membuat kabin nampak lebih lega.

  1. Kemudahan Perawatan:

- Bicara perawatan Si Kepala Kuning ini boleh terbilang cukup simple berkat desain kabin Jungkit guna memudahkan pemeriksaan dan perawatan mesin.

- Terdapat Inspection Lid yang tertanam di bawah jok penumpang.

- Selain ada Inspection Lid, Mitsubishi Colt Diesel FE SHD-X 6.666 mempunyai tangki radiator di posisi luar guna mempermudah saat pengontrolan.

  1. Layanan Purna Jual:

- Soal yang satu ini, sepak terjang Mitsubishi Fuso terkenal dengan jaringan servis dan suku cadang yang memadai. Hingga kini sudah terdapat lebih dari 4.500 toko suku cadang dengan dukungan fasiltas Truk Center dan Mobile Workshop Service MWS).

Berikut detail spesifikasi Mitsubishi Cold Diesel FE SHD-X 6.666:         

- Produk : Colt Diesel

- Varian : FE SHD-X 6.666

- GVW : 8.250 kg

- Panjang : 5.960 mm

- Lebar : 1.970 mm

- Tinggi Keseluruhan : 2.120 mm

- Mesin : tipe 4D34-2AT7 (4 langkah, direct injection, mesin diesel dengan turbo intercooler)

- Daya maksimun : 136 PS / 2.900 rpm

- Torsi maksimum : 38 Kg.m / 1.600 rom

- Daya tanjak : 41 tanØ

- Final gear ratio (gardan) : 6.666 mm. [yog]

 

KEYWORD :

Mitsubishi Fuso KTB Mitsubishi Colt Diesel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :