Jum'at, 26/04/2024 16:29 WIB

Penelitian: Vaksin Meningkatkan Antibodi Pasien yang Pernah Terjangkit Covid-19

 pasien yang sebelumnya terinfeksi COVID-19 yang diberi dosis vaksin pertama mereka menunjukkan jenis tanggapan kekebalan yang kuat yang umumnya cenderung dimiliki orang setelah dosis penguat kedua mereka.

Ilustrasi seorang vaksinator (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Penelitian yang oleh peneliti dari Fakultas Kedokteran Icahn di Gunung Sinai di New York City menemukan bahwa pasien yang sebelumnya terinfeksi COVID-19 yang diberi dosis vaksin pertama mereka menunjukkan jenis tanggapan kekebalan yang kuat yang umumnya cenderung dimiliki orang setelah dosis penguat kedua mereka.

"Orang yang pernah menderita COVID-19 sebelumnya, mereka membuat antibodi dengan sangat cepat ke tingkat yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki pengalaman dengan virus," kata Dr. Viviana Simon, peneliti senior di salah satu studi dan profesor mikrobiologi dan infeksi dilansir UPI, Senin (15/02).

"Itu membawa kami pada kesimpulan bahwa suntikan kedua dari vaksin seharusnya tidak diperlukan pada individu yang telah terinfeksi sebelumnya," kata Simon. 

"Itu akan menghemat dosis vaksin dan juga akan membatasi ketidaknyamanan yang dialami oleh orang-orang setelah vaksinasi."

Namun, temuan ini kemungkinan bisa diperdebatkan mengingat pertimbangan praktis pandemi.

Penelitian yang diterbitkan minggu ini di server pracetak medRxiv, perlu ditinjau sejawat dan diverifikasi oleh penelitian lanjutan sebelum strategi satu tembakan dapat diterapkan pada orang yang terinfeksi sebelumnya, dan itu akan memakan waktu yang berharga.

"Penelitian di masa depan yang meneliti apakah satu dosis vaksin akan cukup untuk setiap kelompok orang akan membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mendapatkan jawaban yang bermakna," kata Dr. Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS.

"Pada saat itu, jumlah vaksin yang akan tersedia hampir membuat pertanyaan itu agak diperdebatkan," kata Fauci dalam pengarahan tim tanggapan COVID-19 Gedung Putih hari Senin.

Kekurangan pasokan vaksin saat ini diperkirakan akan hilang seiring peningkatan produksi Pfizer dan Moderna dan kandidat vaksin lainnya menerima persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS.

Mengukur respons antibodi

Peneliti Mount Sinai telah mengikuti petugas perawatan kesehatan yang jatuh sakit dengan COVID-19, untuk melihat berapa lama respons antibodi alami terhadap virus corona baru akan bertahan dan untuk melacak apakah ada pasien yang menderita infeksi ulang, kata Simon.

Ketika vaksin COVID-19 diluncurkan pada bulan Desember, para peneliti memperluas penelitian mereka untuk melihat bagaimana orang yang sebelumnya terinfeksi akan menanggapi vaksin tersebut.

Mereka menemukan bahwa respons antibodi pada 41 orang dengan kekebalan yang sudah ada sebelumnya sama dengan atau melebihi 68 orang lainnya yang tidak pernah menderita COVID-19, hasil menunjukkan.

Tanggapan kuat ini terjadi bahkan pada orang yang tidak memiliki gejala infeksi COVID-19 atau memiliki tingkat antibodi yang lebih rendah sebelum menerima dosis pertama, kata Simon.

"Ini masuk akal jika kita menganggap infeksi alami sebagai yang utama, seperti dosis pertama, dan kemudian vaksin itu seperti suntikan, atau suntikan kedua, untuk seseorang yang belum melihat infeksi alami," kata Simon.

Studi lain dari University of Maryland baru-baru ini sampai pada kesimpulan yang sama - 33 orang yang sebelumnya terinfeksi merespons lebih kuat terhadap suntikan pertama mereka daripada 26 orang lainnya yang tidak pernah terinfeksi.

"Saya pikir ada bukti yang muncul bahwa seseorang dengan infeksi COVID-19 sebelumnya mungkin dapat mencapai kekebalan yang cukup hanya dengan satu dosis dari rejimen vaksin dua dosis," kata Dr. Amesh Adalja, seorang sarjana senior di Johns. Pusat Hopkins untuk Keamanan Kesehatan di Baltimore.

“Kekebalan yang sebelumnya melalui infeksi alami dapat ditingkatkan dengan vaksinasi untuk memberikan kekebalan yang lebih tahan lama dan kuat,” kata Adalja.

Tetapi Adalja mencatat bahwa penelitian kecil ini perlu diverifikasi dengan uji coba yang lebih besar, seperti yang dilakukan Dr. Andrew Badley, kepala gugus tugas COVID-19 Mayo Clinic.

"Konsep menjaga pasokan vaksin dengan memberikan mereka yang telah sembuh dari infeksi COVID-19 hanya satu dosis vaksin daripada rezim dua dosis biasa adalah gagasan yang sangat masuk akal yang mungkin sebenarnya efektif," kata Badley, seorang ahli penyakit menular.

KEYWORD :

Vaksin Covid-19 Antibodi Pasien Hasil Penelitian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :