Rabu, 08/05/2024 06:44 WIB

Taragon Castells, Kompetisi Menara Manusia Tertinggi

Sebuah tradisi membuat menara manusia setinggi-tingginya. Ini tradisi warga Catalan, Barcelona, yang diadakan untuk menyambut Hari Saint Felix.

Taragon Castells, membuat menara manusia tertinggi./foto:gettyimages

Barcelona - Taragon Castells, sebuah tradisi membuat menara manusia setinggi-tingginya. Ini tradisi warga Catalan, Barcelona, yang diadakan untuk menyambut Hari Saint Felix. Tradisi yang diikuti oleh ribuan orang, bahkan turis juga, saban akhir pekan pertama bulan Oktober itu telah dinobatkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Kompetisi Taragon Castells ini berlangsung Sabtu (1/10) kemarin. Berlangsung di Tarraco Arena Plaza, yang dulunya merupakan arena adu banteng. Kompetisi ini awalnya terinspirasi dari kelompok-kelompok penari pada abad ke-18, yang membuat menara-menara dengan topangan tubuh-tubuh penari tersebut sebagai bagian dari atraksi pertunjukannya. Atraksi tersebut akhirnya menjadi tradisi yang bergulir terus hingga sekarang.

Seperti diceritakan dari Guardian, Taragon Castells ini melibatkan setidaknya 30 grup, yang masing-masing grup bisa beranggotakan lebih dari 400 orang. Dengan memakai kaus warna berbeda-beda, mereka akan saling panjat dan menunjang satu dengan lainnya sehingga membentuk sebuah menara. Menara manusia paling tinggi adalah pemenangnya.

Kompetisi ini juga melibatkan ratusan personel tim medis yang berjaga. Sebab tak jarang ada yang terjatuh saat proses pembuatan menara berlangsung. Ribuan orang yang berada di bawahnya juga siap menjadi "karet busa" jika sewaktu-waktu temannya terjatuh dari atas.

Pada tahun 2010, tradisi Taragon Castells ini telah ditetapkan sebagai tradisi warisan dunia oleh UNESCO. Tradisi ini menyedot ribuan turis yang akan berkunjung ke Tarragona, sebelah barat daya Barcelona, Spanyol.

Hampir mirip dengan festival perang tomat, atau festival berlari dengan banteng, kompetisi atau festival di Spanyol yang acapkali memberikan pacu adrenalin bagi pesertanya.[]

KEYWORD :

jurnas taragon castells catalan barcelona spanyol menara manusia tradisi kompetisi menara man




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :