Minggu, 12/07/2020 03:12 WIB

Komisi III DPR Tekankan Over Kapasitas dan Penanganan Covid-19 di Lapas

RDP Komisi III DPR RI dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM menekankan masalah over kapasitas dan penanganan Covid-19 di Lapas.

Ketua Komisi III DPR, Herman Herry

Jakarta, Jurnas.com - Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPR RI dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM menekankan masalah over kapasitas dan penanganan Covid-19 di lembaga pemasyarakatan (lapas).

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery menyampaikan kepada Dirjen PAS Irjen Reinhard Silitonga yang baru dilantik, agar konsen pada penyelesaian over kapasitas dan penanganan Covid-19 di Lapas.

Komisi III berharap kapada Dirjen PAS yang baru bisa mengatasi masalah kelebihan daya tampung lapas yang sudah puluhan tahun tidak kunjung teratasi.

“Yang ada pada kami tentunya adalah harapan. Bicara soal carut marut lapas, itu sudah puluhan tahun. Persoalannya masih itu-itu saja. Apa langkah-langkah trobosan saudara terkait over kapasitas, dan segala dampaknya sekarang. Termasuk asimilasi, pembebasan, dan apa langkah-langkah ke depan," papar Herman saat rapat di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Senayan, Senin (11/5).

Sebagai Pimpinan Komisi III DPR RI, Herman menyampaikan bahwa penunjukan Dirjen PAS yang baru bertujuan untuk mengatasi masalah lama yang tak kunjung usai, dipilih atas dasar integritas dan kemampuan.

“Bahwa Menteri Hukum dan HAM mengusulkan saudara menjadi Dirjen PAS kepada Presiden pasti memiliki dasar dan argumentasi yang kuat, atas dasar integritas dan kemampuan saudara. Dan saya beserta seluruh Anggota Komisi III tentunya tidak meragukan, karena sudah menjadi keputusan negara," papar politisi PDI-Perjuangan itu.

Diketahui, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly telah melantik Irjen Reinhard Silitonga sebagai Direktur Jenderal Pemasyarakatan yang baru pada 4 Mei lalu. Dia ditunjuk sebagai Dirjen PAS karena pernah menjabat sebagai Direktur Reserse Narkoba di Polda Sumatera Utara dan Polda Jawa Tengah.

Dengan latar belakang tersebut, diharapkan dapat memudahkan Reinhard bekerja sama dengan aparat kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam memberantas narkoba di dalam lapas.

TAGS : Warta DPR Ketua Komisi III DPR Herman Herry Dirjen Lapas




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :