Senin, 25/05/2020 07:37 WIB

Iran Apresiasi Keberanian, Dedikasi dan Profesionalisme China Tekan Corona

Di hari yang sama, China hanya melaporkan  30 infeksi baru ketika jumlah yang terjangkit virus tersebut melonjak di Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Virus corona atau COVID-19 (Foto: Shutterstock)

Teheran, Jurnas.com - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Seyyed Abbas Mousavi memuji peran China dalam perjuangan internasional melawan pandemi virus corona (COVID-19) dan upayanya membantu negara-negara lain melawan wabah tersebut.

"Pemerintah dan orang-orang China memimpin dalam menekan coronavirus & membantu negara-negara di seluruh dunia dengan murah hati," kata Mousavi lewat akun Twitternya.

"Keberanian, dedikasi dan profesionalisme Tiongkok dalam penahanan COVID-19 patut mendapat pengakuan," ujarnya, menambahkan bahwa Iran selalu berterima kasih kepada China dalam masa-masa sulit ini.

Pada Sabtu (4/4), kasus COVID-19 yang dikonfirmasi sudah mencapai 1,2 juta kasus di seluruh dunia. Di hari yang sama, China hanya melaporkan  30 infeksi baru ketika jumlah yang terjangkit virus tersebut melonjak di Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Di tengah penurunan wabah di Negeri Tirai Bambu itu, China justru berusaha untuk membantu negara-negara bergulat dengan pandemi dengan menyediakan bantuan medis dan pasokan.

Iran, yang mengirim beberapa pengiriman bantuan ke China selama puncak wabah virus corona di negara itu, dikirim pengiriman bantuan kesembilan dari China pada Minggu (5/4).

Menurut Fars News Agency, pengiriman tersebut di antaranya sekitar satu juta item yang terdiri dari masker, pakaian pelindung dan obat-obatan.

Berbicara kepada Presiden Iran, Hassan Rouhani bulan lalu, Presiden China, Xi Jinping mengatakan pemerintah Iran dan warganya menawarkan dukungan dan bantuan yang tulus dan ramah kepada China ketika virus pertama kali muncul di negara itu.

"Untuk membantu Iran melawan epidemi, Tiongkok telah mengirim bahan dan ahli medis ke Iran," katanya.

TAGS : Seyyed Abbas Mousavi Pemerintah China Pandemi Corona Virus Corona Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :