Kamis, 28/05/2020 14:16 WIB

Lawan Corona, Arab Saudi Perketat Jam Malam

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan akan memperketat jam malam di kota-kota Mekah dan Madinah

Mekkah kosong setelah dilakukan sterilisasi oleh kerajaan Arab Saudi (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan akan memperketat jam malam di kota-kota Mekah dan Madinah di tengah mewabahnya virus corona, Kamis (02/04) waktu setemlat.

Dilansir Middleeast, langkah ini datang sebagai bagian dari upaya kerajaan untuk menghadapi pandemi virus corona, sekaligus pelaksanaan rekomendasi dari otoritas kesehatan terkait dengan tindakan pencegahan dan pencegahan di kota-kota Mekah dan Madinah, untuk melindungi kesehatan dan keselamatan penduduk.

Upaya pencegahan akan dilakukan terus-menerus mulai dari aktivitas masuk ke, atau keluar dari, kota-kota ini, mulai dari tanggal pengumuman hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Selain itu, larangan masuk dan keluar tidak termasuk kategori yang dikecualikan dari mereka yang bekerja di sektor publik dan swasta yang vital, seperti sektor, yang pekerjaannya membutuhkan kelanjutan selama periode pencegahan.

Masyarakat diperbolehkan bagi penduduk di lingkungan kota Mekah dan Madinah untuk meninggalkan rumah mereka hanya untuk memenuhi kebutuhan dasar, seperti perawatan kesehatan dan pembelian perbekalan, dalam lingkup lingkungan perumahan tempat mereka tinggal, dari jam 6 pagi sampai jam 3 sore setiap hari.

Selain itu, mereka yang ingin menggunakan layanan perbankan dapat melakukannya sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan oleh Otoritas Moneter Arab Saudi.

Departemen Dalam Negeri menginstruksikan bahwa hanya orang dewasa bisa keluar dan hanya dalam kasus-kasus yang diperlukan, untuk memastikan bahwa anak-anak tidak terkena virus.

Sebelumnya telah diputuskan untuk melarang praktik kegiatan komersial apa pun di lingkungan perumahan di kedua kota, dengan pengecualian apotek, toko bahan makanan, pompa bensin, dan layanan perbankan.

Kementerian Dalam Negeri meminta semua warga dan penduduk untuk menggunakan layanan pengiriman ekspres melalui aplikasi perangkat pintar, untuk memesan makanan dan kebutuhan medis, serta barang dan layanan lainnya, dan agar mereka dikirim ke rumah mereka.

TAGS : Arab Saudi Virus Corona Jam Malam




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :