Jum'at, 19/04/2024 01:39 WIB

Akhirnya, Pemerintah Putuskan Pulangkan WNI dari Wuhan

Keputusan ini menyusul semakin mengganasnya virus corona di lokasi setempat.

Suasana di Kota Wuhan, Hubei, China

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah akhirnya memutuskan memulangkan WNI dari Wuhan, Provinsi Hubei, China. Keputusan ini menyusul semakin mengganasnya virus corona di lokasi setempat.

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri per Selasa (28/1) pagi, terdapat 100 WNI di Wuhan yang terdiri dari 84 mahasiswa dan 16 tamu mahasiswa dari tempat lain. Sementara di Provinsi Hubei secara keseluruhan terdapat 243 WNI.

Dalam keterangan tertulis Kemlu, Kamis (30/01/2020) disebutkan bahwa saat ini persiapan di dalam negeri sedang dimatangkan. Persiapan tersebut termasuk memastikan pengelolaan logistik pemindahan WNI dari tujuh titik di Provinsi Hubei ke tempat penjemputan, sebelum pesawat tiba di bandara di Wuhan.

Hal ini diperlukan agar tidak ada hambatan saat proses pemulangan diaktifkan.

Tim KBRI Beijing sudah berada di dekat wilayah terdampak untuk membantu fasilitasi proses tersebut di lapangan.

KBRI telah meminta para WNI di Hubei untuk menyiapkan dokumen perjalanan dan administratif lainnya.

Kemlu bekerja sama dengan berbagai instansi terkait di dalam negeri antara lain TNI, Kementerian Kesehatan, dan Imigrasi dalam proses ini.

Tugas utama Kemlu adalah untuk memudahkan penjemputan dan membawa para WNI ke Tanah Air. Di dalam negeri, instansi terkait lain yang akan memfasilitasi sesuai tugas pokok dan fungsi mereka.

KEYWORD :

Wuhan WNI Virus Corona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :