Kamis, 26/11/2020 09:04 WIB

Belarus Siap Berdialog dengan NATO

Belarus memiliki sekitar 1.200 km perbatasan umum dengan negara-negara anggota NATO

Presdien Belarusia, Alexander Lukashenko

Jakarta, Jurnas.com - Belarus siap untuk mengembangkan kerja sama dengan NATO dan ini adalah salah satu bidang kebijakan luar negerinya yang multi-vektor yang bertujuan untuk menjaga hubungan yang bersahabat dan bersahabat dengan mitra asing.

"Republik Belarus tertarik untuk memelihara dan mengembangkan dialog dengan NATO. Ini wajar, mengingat fakta bahwa aliansi itu adalah aktor militer dan politik tingkat dunia," kata Kementerian Pertahanan Belarusia dilansir Tass.

Belarus memiliki sekitar 1.200 km perbatasan umum dengan negara-negara anggota NATO.

"Kita harus menjaga dialog ini, setidaknya untuk meredakan ketegangan dan untuk memastikan transparansi dari proses yang terjadi hari ini sebagai bagian dari militerisasi yang konsisten di kawasan Eropa," jelas Kementerian Pertahanan Belarusia.

Sementara terlibat dalam program Kemitraan untuk Perdamaian di bidang-bidang seperti respons krisis terhadap bencana alam dan ulah manusia, upaya untuk memerangi terorisme dan perdagangan manusia, perlindungan perbatasan dan penelitian ilmiah.

"Republik Belarus tertarik untuk meningkatkan potensi masing-masing yang ditujukan dalam menghadapi tantangan dan ancaman baru terhadap keamanan internasional, "kementerian menekankan.

Sementara membangun dialog dan kerja sama militer dengan NATO dan anggota aliansi, Minsk melanjutkan dari kenyataan bahwa "Federasi Rusia adalah mitra strategis Republik Belarus dan bahwa Republik Belarus adalah negara anggota CSTO (Perjanjian Keamanan Kolektif] Organisasi) dan CIS (Commonwealth of Independent States), "katanya.

Kementerian Pertahanan Belarusia menganggapnya "berlebihan untuk mengatakan bahwa kerja sama dengan NATO di bidang militer dilaksanakan pada tingkat tinggi."

"Dialog reguler antara perwakilan Kementerian Pertahanan negara itu dan pejabat terkait struktur militer aliansi tidak ada," kementerian itu menjelaskan.

TAGS : Lembaga NATO Negara Belarusia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :