Rabu, 21/10/2020 00:19 WIB

KemenPAN-RB: Ada 65 Ribu Lowongan Guru CPNS Tahun Ini

Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB, Iwan Setiawan mengatakan, dari jumlah 197.117 formasi untuk pusat dan daerah, 65 ribu di antaranya diperuntukkan bagi guru.

Konferensi pers Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) (Foto: Humas)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah mengumumkan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS), yang akan dibuka pada 11 November 2019 mendatang.

Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dari jumlah 152.250 formasi untuk pusat dan daerah, 65 ribu di antaranya diperuntukkan bagi guru.

"Dan ini diharapkan siapa saja termasuk honorer yang memenuhi persyaratan dapat mendaftar ke sana," kata Setiawan dalam sesi konferensi pers di Kantor KemenPAN-RB Jakarta, pada Rabu (30/10).

Setiawan juga menjelaskan, sebagaimana tahun lalu, tahun ini pemerintah masih tetap menggunakan passing grade. Namun dia mengaku pemerintah akan memverfikasi ulang kembali besaran passing grade tersebut.

"Kita cek, wilayah timur, wilayah barat dan seterusnya untuk melihat angka passing grade yang betul-betul palig realistis," jelas dia.

Sementara Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan pengangkatan guru CPNS merupakan langkah pemerintah untuk menambal kekosongan guru, yang disebabkan oleh guru pensiun.

"Untuk mencegah jangan adanya guru honorer, maka dibuka sekarang yang prioritas terbanyak guru di samping perawat," tandas dia.

TAGS : KemenPAN-RB Rekrutmen CPNS Guru




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :