Jum'at, 19/07/2019 19:03 WIB

Kim Jong Un Terima "Surat Istimewa" dari Trump

Laporan ini muncul dalam publikasi kantor berita resmi Korut edisi Minggu (23/6), yang menyebut Kim memperoleh `surat istimewa`.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong un (Foto: Getty Images/AFP)

Seoul, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diam-diam mengirim surat kepada pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Laporan ini muncul dalam publikasi kantor berita resmi Korut edisi Minggu (23/6), yang menyebut Kim memperoleh `surat istimewa`.

"Kim berkata bahwa dia puas dengan surat itu. Isinya sangat baik," kata agensi berita tersebut dilansir dari Associated Press.

"Menghargai kebijakan politik dan keberanian luar biasa Presiden Trump, Kim Jong Un akan secara serius merenungkan isi surat tersebut," lanjutnya.

Sementara saat dimintai konfirmasi mengenai keberadaan surat ini, Gedung Putih masih menolak berkomentar.

Pembicaraan nuklir antara AS dan Korut pada Februari lalu di Vietnam berakhir gagal, karena tidak tercapainya kesepakatan antara kedua belah pihak.

AS menuntut Korut agar meninggalkan senjata nuklir sepenuhnya, sebelum Washington mencabut sanksi internasional. Sementara Korut tetap mendesak keringanan sanksi terlebih dahulu.

Ini bukan kali pertama Trump mengirim surat ke Kim. Pada 2018 lalu, Trump dan Kim bertukar surat setelah pertemuan puncak pertama mereka di Singapura untuk membahas masalah nuklir.

Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan, pada saat itu surat-surat tersebut membahas komitmen mereka untuk bekerja menuju "denuklirisasi total" Korea Utara.

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Denuklirisasi




TERPOPULER :