Sabtu, 26/09/2020 23:01 WIB

AS Ingin Dialog dengan Korea Utara

Korea Utara berada di bawah moratorium PBB untuk menguji segala jenis senjata nuklir sejak 2006, setelah negara itu melakukan uji coba senjata nuklir secara sepihak.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menegaskan kembali niatnya untuk bernegosiasi dengan Korea Utara soal denuklirisasi, di tengah laporan uji coba rudal yang dilakukan Pyongyang.

"Kami masih memiliki niat untuk menegosiasikan resolusi yang baik dengan Korea Utara untuk membuat mereka melakukan denuklirisasi," kata Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, kepada Fox News, Minggu (5/5) waktu setempat.

Pemimpin Korea Utara Kim Jung-un secara pribadi menginspeksi uji coba rudal jarak pendek di Laut Timur selama akhir pekan.

Korea Utara berada di bawah moratorium PBB untuk menguji segala jenis senjata nuklir sejak 2006, setelah negara itu melakukan uji coba senjata nuklir secara sepihak.

"Kami tahu itu akan menjadi jalan yang panjang. Kami tahu itu tidak akan bisa langsung. Tetapi saya telah mengulurkan tangan kami ke Korea Utara sejak KTT Hanoi," ujar Pompeo.

"Kami sudah mendengar kabar dari mereka dan ingin terus bekerja menuju resolusi damai untuk mencapai denuklirisasi," tambahnya.

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bertemu untuk kedua kalinya di Hanoi Februari lalu untuk mencapai kesepakatan mengenai denuklirisasi, namun KTT itu berhenti di tengah jalan tanpa mencapai kesepakatan.

Sementara itu, Pyongyang mendesak agar Pompeo dikeluarkan dari tim negosiasi. (Anadolu)

TAGS : Amerika Serikat Korea Utara Denuklirisasi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :