Minggu, 25/08/2019 08:20 WIB

Chat Fadli Zon dengan Ratna Sarumpaet Dibuka di Persidangan

Percakapan Ratna Sarumpaet dengan Fadli Zon dibuka di sidang kasus hoaks penganiayaan yang membuat aktivis tersebut menjadi terdakwa.

Ratna Sarumpaet bersama putrinya Atiqa Hasiholan. (Foto : Jurnas/Ginting).

Jakarta, Jurnas.com- Ahli digital forensik, Saji Purwanto yang menjadi saksi dalam sidang penyebaran berita bohong (hoax) dengan terdakwa Ratna Sarumpaet diminta mengungkapkan alur pengiriman foto wajah mirip lebam dari Ratna Sarumpaet ke sejumlah tokoh.

Saji memperlihatkan kronologi pengiriman foto Ratna ke Fadli Zon dan Said Iqbal. Selanjutnya, Saji menunjukkan capture foto obrolan pesan Ratna Sarumpaet kepada Fadli Zon dan Saiq Iqbal saat memberikan pendapat sebagai ahli yang dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) di sidang lanjutan Ratna Sarumpaet, di Pengadilan Negeri, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2019).

“Isinya apa itu?” tanya hakim ketua.

“Dia mengirimkan gambar. Kemudian selanjutnya dikasih keterangan,” jawab Saji.

Saji lalu mengungkapkan satu per satu isi percakapan itu. “Ada kirim gambar. Dikasih keterangan off the record 21 September malam bandara Bandung. 08 harus tahu siapa yang mengancam saya itu,” ujar Saji menyebutkan isi percakapan.

Kemudian, Saji menunjukkan catatan digital percakapan Said Iqbal yang memperlihatkan Ratna mengirim foto wajahnya yang lebam kepada Said Iqbal. “Kalau Nanik Sudaryati ada?” tanyanya.

Saji menjelaskan isi percakapan Ratna Sarumpaet dengan Nanik Sudaryati Deyang namun tak ditampilkan di layar. Saji mengatakan Nanik dari isi percakapan meminta untuk bertemu dengan Ratna.

“Di antara percakapan tersebut Nanik kirim pesan ‘Mba sebaiknya bertemu di luar saja’ lalu Ratna share loc. Setelah lokasi itu dilakukan penelusuran, lokasinya di Jalan Kampung Melayu Kecil, Tebet Jakarta Selatan,” pungkasnya

TAGS : Fadli Zon Ratna Sarumpaet Hoaks




TERPOPULER :