Jum'at, 26/04/2024 19:00 WIB

Iran Curiga Ada Proyek Nuklir Rahasia di Timteng

Hal itu dinilai sebagai ancaman bagi Iran, dan memaksa Teheran merevisi strategi pertahanannya.

Bendera kebangsaan Iran (Foto: AFP)

London, Jurnas.com – Seorang pejabat keamanan senior Iran meyakini ada sebuah kekuatan regional, yang membelanjakan uang untuk menggarap proyek nuklir di kawasan Timur Tengah. Hal itu dinilai sebagai ancaman bagi Iran, dan memaksa Teheran merevisi strategi pertahanannya.

Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran Ali Shamkhani tidak menyebutkan secara spesifik negara mana saja yang dimaksud. Namun usulan transfer teknologi nuklir dari Amerika Serikat ke Arab Saudi beberapa waktu lalu membuat Iran khawatir.

“Beberapa negara di kawasan ini membelanjakan dolar untuk proyek nuklir mencurigakan yang dapat membahayakan keamanan kawasan dan dunia,” ungkap Shamkhani dikutip dari Reuters pada Rabu (13/3).

“Ancaman baru seperti ini akan memaksa kami untuk merevisi strategi berdasarkan sifat dan geografi ancaman baru, dan memprediksi persyaratan negara dan angkatan bersenjata kami,” tegas dia.

Dalam keterangannya, Shamkhani juga mengatakan bahwa Teheran menyaksikan kegiatan yang tidak biasa dari negara-negara di kawasan Timteng, yang dituding telah mendukung kelompok-kelompok militan.

Sebelumnya, hal senada juga disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif. Dia menuduh AS sedang mencoba menghancurkan program nuklir Iran, dengan menjual teknologi nuklir ke Arab Saudi.

KEYWORD :

Proyek Nuklir Pejabat Iran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :