Jum'at, 26/04/2024 17:47 WIB

Debu Kiriman China Bikin Korea Selatan Kesal

Penyebab debu halus di Korea Selatan berasal dari China.

Asap pabrik menyebabkan polusi di udara (foto: Google)

Seoul, Jurnas.com - Korea Selatan menyatakan keluhannya terhadap China karena memperburuk polusi udara di Negeri Ginseng itu.

Dalam konferensi pers di ibu kota Korea Selatan, Seoul, Menteri Luar Negeri Kang Kyung-wha, membenarkan bahwa penyebab debu halus berasal dari China.

Sehari sebelumnya, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, menyerukan upaya bersama dengan China memerangi masalah tersebut.

"Selama beberapa bulan terakhir, Korea Selatan menghadapi polusi udara yang parah, memicu partai-partai politik untuk mempertimbangkan deklarasi bencana nasional," tulis Yonhap.

Menanggapi pernyataan Moon itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang, mengatakan dirinya tidak tahu apakah ada cukup alasan untuk mengatakan, debu halus di Korea Selatan berasal dari China. (Anadolu)

"Sepertinya tidak ada debu halus di Beijing selama dua hari terakhir ketika Seoul diselimuti oleh debu halus yang tebal," ujar Lu.

Ia mengatakan kedua negara telah mengadakan pembicaraan antara menteri lingkungan mereka dan membahas kemungkinan langkah bersama melawan debu halus.

"Penyebab debu halus sangat rumit. Penanganan komprehensif harus didasarkan pada sikap ilmiah," tambah Lu

KEYWORD :

Polusi Udara China KoreaSelatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :