Rabu, 08/05/2024 22:47 WIB

Kembangkan Kreativitas Anak Melalui Karya Seni

Proses kreatif itu sendiri merupakan sumber kebahagiaan bagi anak-anak terlebih jika sudah dimulai sejak dini.

Kebahagiaan anak (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

Jakarta - Memupuk kreativitas anak sejak dini melalui karya seni memiliki dampak positif pada kebahagiaan dan masa depan anak.

Psikolog Samanta Ananta, M.Psi., mengatakan terdapat korelasi yang kuat antara anak yang melakukan seni kreatif dan kesuksesan mereka di masa dewasa. Anak-anak yang aktif membuat karya seni cenderung lebih memiliki banyak ide positif untuk penemuan teknologi.

"Melalui seni, anak-anak belajar untuk berpikir out of the box sehingga mereka pun lebih terlatih untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi," ucapnya.

Selain itu, Samanta juga menjelaskan bahwa menciptakan dan mengamati seni dapat mengurangi kortisol, `hormon stres`. Melakukan sesuatu yang kita sukai juga melepaskan endorfin, `hormon yang memberikan rasa bahagia.

Tidak hanya itu, kreativitas yang lebih besar menimbulkan kebahagiaan yang lebih mendalam. Proses kreatif itu sendiri merupakan sumber kebahagiaan bagi kebanyakan orang dan dengan memiliki kreativitas seseorang juga lebih mampu memecahkan masalah kecil yang menimpanya setiap hari.

Memenuhi daya kreativitas anak maka Nestlé Koko Krunch mengumumkan berakhirnya rangkaian kegiatan Koko Olimpiade 2018 sekaligus mengumumkan kegiatan Koko Olimpiade 2019 yang akan digelsr pada Februari hingga November 2019.

Koko Olimpiade adalah kegiatan edukasi dan menghibur yang dikemas secara menyenangkan dan dinamis untuk seluruh keluarga, mulai dari seminar gizi untuk orang tua dan lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak berusia 6-12 tahun guna memupuk bakat dan kreativitas mereka.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari komitmen Nestle untuk mendorong kebahagiaan anak-anak Indonesia dengan mewujudkan potensi terbaik mereka melalui kebiasaan sarapan seimbang dan bernutrisi setiap hari.

Business Executive Officer Nestlé Breakfast Cereals Indonesia Alaa Shaaban mengatakan sejak tahun 2001 hingga kini, Koko Olimpiade telah menjangkau lebih dari 200.000 anak di Indonesia.

Di 2019, Koko Olimpiade akan diselenggarakan di 36 kota di Indonesia dan diperkirakan akan menjangkau lebih dari 45.000 peserta.

"Kami bersyukur atas sambutan serta semangat anak-anak Indonesia yang luar biasa terhadap Koko Olimpiade. Sesuai komitmen kami, semoga semangat dan kreatifitas tersebut dapat terus berkobar," pungkasnya.

KEYWORD :

Proses Kreatif Kreativitas Anak Karya Seni




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :