Jum'at, 26/04/2024 16:06 WIB

Rusia Sempat Tembaki Kapal Ukrainia

Dalam kejadian yang berlangsung pada Minggu (25/11) itu, Moskow juga diketahui melepaskan sejumlah tembakan ke arah kapal Ukraina.

Kapal Rusia memblokir perairan Selat Kerch dari kapal militer Ukraina (Foto: Reuters)

Moskow - Rusia tidak hanya mencegat tiga kapal angkatan laut milik Ukraina di Laut Azov. Dalam kejadian yang berlangsung pada Minggu (25/11) itu, Moskow juga diketahui melepaskan sejumlah tembakan ke arah kapal Ukraina.

Sontak, peristiwa ini menyebabkan beberapa awak kapal terluka, dan dinilai berisiko memicu permasalahan baru di antara kedua negara yang berkonflik tersebut.

Layanan Keamanan FSB Rusia membenarkan bahwa kapal patroli perbatasan telah menyita tiga kapal angkatan laut Ukraina. Petugas juga telah menembakkan senjata, untuk memaksa tiga kapal tersebut berhenti, demikian yang dilaporkan Russian News Agencies.

"Tindakan tersebut terpaksa dilakukan, karena kapal secara ilegal memasuki perairan teritorial, dan mengabaikan peringatan untuk berhenti saat melalukan manuver berbahaya, "ujar FSB.

"Senjata digunakan dengan tujuan menghentikan secara paksa kapal perang Ukraina," tambahnya

Dilansir dari Reuters, FSB mengatakan tiga awak kapal terluka akibat insiden tersebut, dan sedang dirawat, keadaan mereka tidak dalam bahaya.

Di sisi lain, Ukraina membantah, kapal-kapalnya melakukan kesalahan, mereka menuduh Rusia melakukan agresi militer, dan mengimbau komunitas internasional untuk memobilisasi agar Rusia dihukum.

Sehubungan dengan diambilalihnya wilayah Krimea, dan dukungan bagi pemberontakan pro Moskow di Ukraina Timur, insiden terbaru ini berisiko mendorong kedua negara menuju konflik yang lebih luas.

KEYWORD :

Kapal Ukraina Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :