Minggu, 26/01/2020 08:31 WIB

Jokowi Klaim Dana Desa Turunkan Kemiskinan Dua Kali Lipat

Dikatakan Jokowi lagi, hingga saat ini tak kurang dari Rp187 triliun yang sudah digelontorkan untuk pembangunan desa di Indonesia.

Arsip saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo meninjau Padat Karya Tunai (PKT) pembangunan talud jalan di Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Jakarta -  Presiden Joko Widodo mengklaim, dana desa yang digulirkan sejak era pemerintahannya telah berdampak positif dengan terjadinya penurunan angka kemiskinan di desa dua kali lipat dibandingkan di kota.

"Setidaknya, 1,2 juta penduduk desa sudah berhasil dientaskan dari kemiskinan," ujar Presiden yang biasa disapa Jokowi itu saat acara Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa 2019 Provinsi Banten.

Pada acara ini, dihadiri para Kepala Desa, Pendamping Desa, Pengurus Bumdes, dan pemangku kepentingan lainnya. Kata Jokowi, Program dana desa yang telah dijalankan selama empat tahun merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada desa.

Dikatakan Jokowi lagi, hingga saat ini tak kurang dari Rp187 triliun yang sudah digelontorkan untuk pembangunan desa di Indonesia. "Total Rp187 triliun. Dan ditambah lagi Rp70 triliun tahun depan. Artinya, pemerintah memberi perhatian sangat besar," ujarnya.

Capaian empat tahun pemerintahan Jokowi yang dikeluarkan kantor Staf Presiden mengabarkan, masyarakat memanfaatkan dana desa sesuai kebutuhannya. Antara lain, terbangun pasar desa sebanyak 6.932 unit, saluran irigasi sebanyak 39.351 unit dan jembatan sepanjang 1.028.255 meter.

TAGS : Dana Desa Indonesia Pembangunan Desa Joko Widodo Bumdes




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :