Jum'at, 26/04/2024 16:53 WIB

Indonesia Diprediksi Jadi Wilayah Penuaan Populasi Terbesar Dunia

Survei yang dilakukan perusahaan nutrisi global, Herbalife Nutrition menemukan bahwa Indonesia diprediksi menjadi wilayah dengan tingkat penuaan polusi tercepat di wilayah dunia pada 2045 mendatang.

General Manager Herbalife, Andam Dewi ditemani Dr. Gary Small menjelaskan tentang survei hidup sehat di usia tua, Selasa (30/10) di Jakarta

Jakarta - Survei yang dilakukan perusahaan nutrisi global, Herbalife Nutrition menemukan bahwa Indonesia diprediksi menjadi wilayah dengan tingkat penuaan polusi tercepat dan terbesar di wilayah di dunia pada 2045 mendatang.

Dalam survei tersebut menyebutkan bahwa pada akhir tahun 2045 mendatang diperkirakan jumlah masyarakat Indonesia yang menua (65 tahun keatas) akan mencapai 5,7 juta dari total penduduk tanah air.

Survei yang melibatkan 5.500 responden berusia 40 tahun ke atas di 11 negara juga menemukan bahwa Asia Pasific juga akan menjadi kawasan yang mengalami penuaan populasi tercepat di dunia dengan lebih 200 juta orang diperkirakan akan memasuki usia tua hingga 2030 mendatang.

Senior Direktur dan General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi menilai perlu adanya suatu langkah yang dilakukan masyarakat agar bisa menjalani kehidupan di usia tua dengan kesehatan yang tetap stabil dan baik. Pasalnya, menurut Dewi bahwa hidup sehat di usia tua merupakan salah satu cara untuk memperpanjang usia.

"Seiring dengan cepatnya penuaan populasi di kawasan Asia, kita akan menghadapi tantangan-tantangan baru pula di sisi sosial dan ekonomi. Maka dari itu, kami percaya masyarakat harus diedukasi akan pentingnya mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melalui fase penuaan dengan sehat," kata Andam Dewi dalam media briefing di Jakarta, Selasa (30/10).

Menurutnya, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk dapat mewujudkan hidup di usia tua dengan tetap sehat yakni memilih nutrisi seimbang, berolahraga, mengolah pikiran dan mengkonsumsi suplemen.

"Perubahan gaya hidup lebih sehat akan membantu mereka dalam menghadapi masa penuaan yang sehat. Bahkan 90% responden Indonesia mengatakan mereka sadar dan telah mengambil langkah positif dalam menghadapi penuaan," tambah Andam berdasar hasil survei yang ditemukan.

Senada dengan Andam, Dr. Gary Small mengatakan cara hidup sehat menjadi salah satu aspek penting jika ingin tetap di usia tua. Menurutnya, mengkonsumsi nutrisi yang baik serta olahraga yang cukup juga menjadi kunci menjaga kesehatan hingga di usia tua.

"Selain olahraga fisik, perlu juga olah mental serta menghilangkan stress di dalam diri untuk dapat mewujudkan cara hidup sehat di usia tua," kata Gary.

Gary menambahkan bahwa umumnya di usia muda, orang akan terkadang acuh dengan pola hidup sehat yang mengakibatkan efek buruk terhadap kesehatan hingga di usia tua. Padahal menurutnya, pola hidup sehat harusnya dilakukan sejak kecil.

"Saya sarankan agar pola hidup sehat dilakukan sejak kita kecil. Dan kalau perlu melakukan olahraga secara rutin setiap hari, salah satunya dengan cara sederhan yakni berjalan kaki selama 20 menit. Karena dalam penelitiannya berjalan mampu menjaga kesehatan jantung," tambahnya.

 

 

KEYWORD :

Hidup Sehat Usia Tua Herbalife Nutrition




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :