Minggu, 18/11/2018 07:24 WIB

Dimana Jasad Khashoggi Disembunyikan Arab Saudi?

Arab Saudi pada Sabtu mengklaim Khashoggi tewas dalam perkelahian di dalam konsulat.

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Osman Orsal/Reuters)

Istanbul –  Pemerintah Arab Saudi sudah mengakui wartawan Jamal Khashoggi tewas dalam perkelahian di dalam konsulat Saudi di Istanbul. Lalu dimanakah jasad pria 59 tahun itu?

"Di mana jasad Jamal Khashoggi?" Ia harus dimakamkan di Al-Baqi, pemakaman di Madinah Arab Saudi seperti yang direkomendasikan," kata wartawan Suriah Musa al-Omar.

Khashoggi, seorang jurnalis dan kolumnis Washington Post, menghilang sejak memasuki konsulat pada 2 Oktober. Setelah berhari-hari menyangkal mengetahui keberadaannya, Saudi lalu mengklaim, Khashoggi tewas dalam perkelahian di dalam konsulat.

Roger Cohen, kolumnis New York Times, mencemooh penjelasan Saudi tentang pembunuhan Khashoggi.

"Dicekik dalam perkelahian? 15 agen dikirim untuk temui Khashoggi? Salah satunya membawa gergaji? Oh, dan bukankah Khashoggi keluar dari konsulat 17 hari yang lalu?" ia bertanya-tanya.

"Jika Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dikirim ke Riyadh untuk mengumpulkan cerita yang masuk akal, ya, misi telah gagal,” kata dia.

Pada Selasa, Pompeo mengunjungi Riyadh untuk berbicara dengan para pejabat Saudi tentang hilangnya Khashoggi.

Pada hari hilangnya Khashoggi, 15 warga Saudi lainnya, termasuk beberapa pejabat, tiba di Istanbul dengan dua pesawat dan mengunjungi konsulat saat dia masih di dalam, menurut sumber-sumber kepolisian Turki. Semua individu yang diidentifikasi telah meninggalkan Turki.

Tim gabungan Turki-Saudi menyelesaikan penyelidikan atas kasus ini pada Kamis setelah menggeledah kediaman konsul jenderal serta Konsulat Saudi di Istanbul. (aa)

 

TAGS : Arab Saudi Turki Jamal Khashoggi Roger Cohen




TERPOPULER :