Minggu, 18/11/2018 06:14 WIB

Ini Sanksi Trump untuk Arab Saudi

Dilansir dari Associated Press, salah satu sanksi tersebut berhubungan dengan penjualan senjata, di mana selama ini Saudi menjadi pasar senjata AS.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (Foto: IRNA)

Arizona – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyiapkan sejumlah sanksi untuk Arab Saudi, menyusul pengakuan negara tersebut terkait pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Dilansir dari Associated Press, salah satu sanksi tersebut berhubungan dengan penjualan senjata, di mana selama ini Saudi menjadi pasar senjata AS.

“Trump menyiapkan beberapa sanksi kepada Saudi atas kematian jurnalis. Dia (juga) ingin melindungi penjualan senjata,” tulis AP di akun @AP.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti sanksi final apa yang akan diberikan AS kepada Saudi. Namun jelasnya, Trump ingin berbicara dengan Pangeran Saudi Mohammed bin Salman, sebelum menjatuhkan keputusan.

“Hal ini sangat penting agar kerajaan (Saudi) melakukan penangkapan (terhadap tersangka),” tegasnya.

Sebelumnya, Saudi akhirnya mengakui bahwa jurnalis Jamal Khashoggi telah dibunuh di Konsulat Saudi, Istanbul, Turki pada 2 Oktober lalu. Kejadian tersebut menyebabkan 18 warga Saudi ditahan dengan status tersangka.

Pernyataan ini disampaikan oleh Penuntut Umum Saudi, yang menyebut bahwa sebelum dibunuh, Khashoggi sempat cekcok dengan sejumlah orang.

“Penyelidikan awal yang dilakukan Kantor Penuntut Umum dalam kasus hilangnya warga negara Saudi, Jalam bin Ahmad Khashoggi mengungkapkan, telah terjadi perbincangan berujung perkelahian yang menyebabkan kematiannya,” kata Kantor Penuntut Umum Saudi pada Jumat (19/10).

Pengumuman senada juga disampaikan melalui media negara Saudi, selang dua minggu sejak Khashoggi pertama kali memasuki Konsulat Saudi, untuk mengurus dokumen pernikahannya.

Dalam pemberitaan tersebut, tersiar bahwa seorang penasihat istana kerjaaan yang dekat dengan Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman telah dipecat, bersama tiga pemimpin dinas intelijen lainnya.

TAGS : Amerika Serikat Khashoggi Arab Saudi




TERPOPULER :