Jum'at, 26/04/2024 18:13 WIB

Terobosan Baru, Rawa Dijadikan Kantong Penyangga Pangan Nasional

Apabila digarap 10 juta hektar saja, ditanam minimal dua kali setahun, dengan produktivitas 6 ton per hektar, akan menghasilkan padi 120 juta ton setara 60 juta ton beras

Menteri Peranian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat menghadiri Pekan Pertanian Rawa Nasional II di Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Rabu (17/10).

Banjarbaru - Upaya Kementerian Pertanian (Kementan) mewujudkan kedaulatan pangan hingga menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia tahun 2045 optimis bisa dicapai. Pemanfaatan lahan rawa yang begitu luas menjadi salah satu terobosan baru mengejewantahkan hal tersebut.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman yang saat ini berada di lokasi peringatan Hari Pangan Sedunia XXXVIII di Kalimantan Selatan mengungkapkan potensi lahan rawa di Indonesia sangat luas yakni mencapai 34,1 juta hektar. Lahan rawa ini tersebar di 18 provinsi dan 300 kabupaten.

"Apabila digarap 10 juta hektare saja, ditanam minimal dua kali setahun, dengan produktivitas 6 ton per hektare, maka akan menghasilkan padi 120 juta ton setara 60 juta ton beras. Beras surplus bahkan bisa memasok kebutuhan dunia," ungkap Amran di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu (17/10).

Menurut Amran, besarnya produksi tersebut, tentu sudah sangat jelas menunjukkan rawa sebagai kantong penyangga pangan nasional. Dengan demikian, lahan rawa yang sangat luas tersebut harus dikelola melalui model full mekanisasi sehingga biaya lebih efisien, hemat tenaga kerja dan dikelola dalam skala luas dengan manajemen korporasi agar dinikmati petani secara luas.

"Model full mekanisasi dengan pola korporasi ini akan meningkatkan indek pertanaman menjadi tiga kali setahun dan produktivitas naik menjadi 8,3 ton per hektar, sehingga menghasilkan produksi padi 250 juta ton, senilai Rp1,134 triliun. Ini akan menjadi role model bagi pangan ke depan," terangnya.

Amran menyebutkan lahan rawa tida sebatas dimanfaatkan untuk menghasilkan padi, tetapi disamping itu juga bisa ditanam komoditas pangan strategis lainnya yakni jagung, kedelai, sayuran, buah, ternak dan ikan.

"Kunci suksesnya ada pada manajemen air, dengan kanalisasi dan pengaturan keluar masuk air ke dalam sawah," jelas Amran.

"Tidak ada sulit apabila kita mau bersungguh sungguh bekerja mewujudkan obsesi kedaulatan pangan," sambungnya.

KEYWORD :

Kementan Banjarmasin rawa Andi Amran Sulaiman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :