Senin, 15/10/2018 20:01 WIB

Gempa Situbondo Bikin Pasien Berhamburan dan Tiga Orang Tewas

Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, intensitas gempa dirasakan III-IV MMI di Denpasar, III MMI di Karangkates, III MMI di Gianyar, III MMI di Lombok Barat, III MMI di Mataram, III MMI di Pandaan.

Warga menunggu di luar RS Larasati ketika terjadi gempa di Pamekasan, Jawa Timur, Kamis (11/10/2018) dini hari. Data BMKG gempa bermagnitudo 6,4 SR yang berpusat di 61 km sebelah timur laut Kabupaten Situbondo pada pukul 01.44.57 Wib dengan kedalaman 10 km itu menimbulkan kepanikan di beberapa daerah di Madura. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

Jakarta - Kamis (11/10) dini hari, gempa berkekuatan 6,3 skala richter mengguncang wilayah sekitar Jawa Timur hingga Bali. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, gempa cukup kuat dirasakan masyarakat sekitar Kabupaten Sumenep dan Situbondo selama 2-5 menit.

Pemantauan dari BMKG, hingga pukul 02.30 berdasarkan pemantauan pihaknya terjadi hanya satu gempa susulan dengan maginitudo 3,4. Gempa yang terjadi di laut itu berada di kedalaman 12 km, dengan jarak 55 km di arah timur laut Kota Situbondo, Jatim.

Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, intensitas gempa dirasakan III-IV MMI di Denpasar, III MMI di Karangkates, III MMI di Gianyar, III MMI di Lombok Barat, III MMI di Mataram, III MMI di Pandaan.


Masyarakat Berhamburan
Gempa yang terasa tadi pagi itu sempat bikin panik warga.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep Abd Rahman Riadi mengatakan, selain masyarakat juga pasien dan tenaga medis berhamburan keluar

Saat terjadi gempa, masyarakat sedang terlelap tidur. Tiba-tiba terjadi guncangan, langsung keluar rumah.  "Banyak pasien yang panik dan berlarian keluar dari sakit," ujarnya.

Tiga Orang Tewas
Laporan yang diterima BNPB mengabarkan, tiga orang tewas dikarenakan tertimpa bangunan rumah yang roboh. Ketiganya berada dari Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Sumenep, Jawa Timur.

Kerusakan rumah warga
Dari kejadian gempa tersebut, telah merusak sejumlah rumah milik warga di Kabupaten Jembrana, Bali. Misalnya di Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo. Juga di Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana dan Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara.

Begitu juga kerusakan disejumlah bangunan fasilitas umum, seperti candi bentar (gapura) Kantor Samsat Jembrana nyaris roboh serta tembok SD Negeri 1 Loloan Timur juga mengalami kerusakan ringan.

TAGS : Gempa Situbondo Jawa Timur BNPB




TERPOPULER :