Jum'at, 26/04/2024 18:20 WIB

Belgian Blue Siap Ramaikan Kontes Ternak 2018 di Jawa Timur

Pada kegiatan akbar itu akan dipamerkan 2.500 ekor pedet hasil Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting, Reda) 2018.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Kontes Ternak dan Panen Pedet 2018 di Ruang Rapat Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Senin (8/10)

Surabaya – Jawa Timur akan jadi tuan rumah Kontes Ternak dan Panen Pedet 2018. Event tersebut akan dilaksanakan di lapangan terbuka milik Perum Perhutani dan Perum Jasa Tirta wilayah Bendungan Lodoyo/Serut, Desa Derungan, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

Pada kegiatan akbar itu akan dipamerkan 2.500 ekor pedet hasil Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting, Red) 2018, serta petani dan peternak terbaik dari 34 Porvinsi.

Demikian kata Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Kontes Ternak dan Panen Pedet 2018, di Ruang Rapat Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Senin (8/10).

Menurut Amran,  Provinsi Jawa Timur sengaja dipilih karena tingkat kesuksesan Upsus Siwab 2017 mampu merealisasikan 1.697.183 dosis (124,32 persen) dari total target 1.365.138 akseptor. Kemudian, 2018 Jawa Timur mendapatkan target 43 persen dari kegiatan Upsus Siwab Nasional yakni 1.295.600 akseptor dari total Nasional 3.000.000 akseptor

Pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu mendorong terus Balai-balai Inseminasi dan Litbang Kementan, untuk menghadirkan sapi varian baru Belgian Blue, yang menjadi program khusus Kementan sejak pertengahan 2017 lalu.

"Sapi Varian Baru Belgian Blue, bila diterakkan dengan baik akan berbobot 2 ton per ekornya. Ini yang membuat kami tertarik untuk mengembangkannya dan akan didistribusikan kepada petani peternak indonesia kelak," kata Amran.

"Teknologi transfer embrio memang pilihan untuk mengembangkan Sapi Belgian Blue. Sayangnya belum banyak diketahui peternak. Hingga saat ini baru ada 100 ekor lebih. Saya minta ini nanti ditampilkan pada event," tambahnya.

Amran menerangkan, tujuan kegiatan  Kontes Ternak dan Panen Pedet 2018, untuk memberikan apresiasi dan motivasi terhadap Kelompok Petani Peternak yang  berpartisipasi mendukung Upsus Siwab serta menggugah semangat dan gairah masyarakat untuk terus mengembangkan usaha peternakan.

"Kita bangga karena, hari ini realisasi pelaksanaan IB di Jawa Timur sudah mencapai 120  persen, dengan angka kelahiran mencapai 98 persen. Ini luar biasa. Tak salah kita pilih Jawa Timur, sebagai lokasi Kontes Ternak dan Panen Pedet 2018," tandasnya.

Sekedar diketahui, Panen Pedet dan  Kontes Ternak 2018, akan di isi berbagai kegiatan seperti pelaksanaan IB serentak terhadap 100  Ekor Sapi Indukan, expo produk alat dan mesin serta sarana pendukung pembangunan peternakan dan kesehatan hewan.

Selain itu, akan ada juga penghargaan dari pemerintah untuk perlombaan bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan mulai dari tingkat regional maupun nasional, bahkan Kementan dan Pemda Jawa Timur, akan menyerahkan bantuan ternak yang bersumber dari  APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota.

KEYWORD :

Kementan Upsus Siwab Belgian Blue Jawa Timur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :