Rabu, 12/12/2018 10:25 WIB

SBY Walk Out, Demokrat Protes Keras KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai melanggar aturan yang dibuat terkait pelaksanaan kampanye damai Pemilu 2019. Sebab, maraknya atribut partai dan ormas pendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai melanggar aturan yang dibuat terkait pelaksanaan kampanye damai Pemilu 2019. Sebab, maraknya atribut partai dan ormas pendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, partainya melayangkan protes keras kepada KPU yang dianggap tidak tegas dalam pelaksanaan kampanye damai tersebut.

"Sehingga apa yang terjadi saya telah menulis protes keras kepada ketua KPU saudara Arief Budiman," kata Hinca, di Monas, Jakarta, Minggu (23/9).

Kata Hinca, Partai Demokrat akan melaporkan peristiwa tersebut kepada Badam Pengawas Pemilu (Bawaslu). Menurutnya, Demokrat tidak menandatangani kampanye damai tersebut. "Kami tak bisa tanda tangan," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) walk out (WO) saat mengikuti deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh KPU.

Hinca mengatakan, SBY menilai KPU telah melanggar kesepakatan yang telah disepakati sebelum diselenggarakannya kampanye damai Pemilu 2019.

"Baru kira-kira lima menit tadi ikut karnval itu, beliau turun dan walkout meninggalkan barisan karena melihat banyak sekali aturan main yang tak disepakati awalnya," kata Hinca.

TAGS : Pemilu 2019 Kampanye Damai Demokrat SBY




TERPOPULER :