Senin, 19/11/2018 10:19 WIB

Iran: Semua Orang Muak Kebijakan AS tapi Tak Berani Bersuara

Presiden Donald Trump menciptakan krisis global untuk mengalihkan perhatian dari masalah pribadinya.

Menteri Luar negeri Iran Mohammad Javad Zarif

Iran and Russia. ">Iran and Russia. ">Tehran - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan tidak semua orang di dunia ini senang dengan kebijakan Amerika Serikat (AS), tetapi tidak semua orang berani membayar seperti yang dilakukan Iran.

Iran and Russia. ">"Apakah mereka siap untuk mengubah ketidakbahagiaan ini menjadi ongkos, yaitu, membayar sesuatu untuk menunjukkan ketidakbahagiaan mereka? Untuk membayar untuk mencegah masa depan yang dibuat Amerika," ujar Zarif.

Iran and Russia. ">Menurut Zarif, Presiden Donald Trump menciptakan krisis global untuk mengalihkan perhatian dari masalah pribadinya.

Iran and Russia. ">"Sekarang tembok sanksi rusak, hanya Amerika yang melakukan bullying, mereka melakukan tekanan. Tidak semua percaya  Amerika akan berhenti menekan Iran. Inilah sebabnya, sejak awal kami percaya, kami harus mempertahankan hubungan ekonomi kami dengan Rusia, China, dan negara-negara Eropa," terang Zarif.

Iran and Russia. ">Sekarang ini, jelas Zarif, fokus Amerika yang paling kuat adalah menciptakan tekanan psikologis terhadap Iran dan mitra dagangnya.

Iran and Russia. ">"Mereka (Amerika) akan mengatakan, `Apakah Anda tidak berencana mengunjungi Amerika? Apakah Anda tidak ingin mendapatkan visa Amerika?` Kenapa kamu berurusan dengan orang Iran?" kata Zarif mencotohkan.

Iran and Russia. ">"Jika sekutu mereka tak memenuhi keinginannya, maka Amerika akan perusahaan dan secara resmi mengancam mereka. Ini berarti mereka ingin mengubah permainan melalui suasana psikologis," tambahnya.

Iran and Russia. ">Dengan menunjukkan kebijakan unik Iran di kawasan itu, Zarif mengatakan, "Siapa pun yang Anda lihat di wilayah ini  akan berpikir dapat membeli keamanan dan kemajuan, atau mendapatkan keamanan dengan membeli senjata atau senjata nuklir. Tapi Iran tidak melalukannya. Iran berutang keamanan, kemajuan, dan pengembangan kepada orang-orang."

Iran and Russia. ">"Hari ini, terlepas dari semua kekacauan Amerika, masih ada konsensus global terhadap Amerika. Dan kami masih mengerjakan konsensus global ini dan kami berharap, saya yakin, kami akan menang; di satu sisi dengan mengandalkan kemampuan domestik, dan di sisi lain dengan menggunakan keadaan internasional baru, untuk melewati tahap ini," sambungnya.

Iran and Russia. ">Di tempat yang sama, Zarif menyebut Gedung Putih tampaknya sudah mulai terisolasi sejak keluar dari JCPOA, nama resmi untuk perjanjian nuklir 2015.

Iran and Russia. ">"Bahkan pemerintah Kanada melawan pemerintah Amerika. Semua sekutu Amerika di NATO  melawan Amerika. Hanya dua atau tiga negara di selatan kami. Salah satunya adalah rezim Zionis. Ini adalah harga yang dibayar Amerika," terangnya.

Iran and Russia. ">"Amerika pikir setelah keluar dari pakta nuklir akan mendapatkan yang diinginkannya.  Trump sendiri menggelar ingin mengadakan pembicaraan langsung. Kemudian mereka membentuk kelompok aksi," kelakar Zarif.

Iran and Russia. ">"Ketika Obama datang ke kami  melakukan pembicaraan, bukan kami yang bernegosiasi. Itu adalah dukungan dari orang-orang yang mengecewakan Obama dengan sanksi (nya) sehingga mereka datang berunding dengan kami. Dukungan yang sama ini dapat mengecewakan Trump," terangnya.

TAGS : Iran Amerika Serikat Pompeo




TERPOPULER :