Sabtu, 17/11/2018 11:15 WIB

LSI: Jokowi-Ma`ruf Amin Unggul di Pemilih Muslim

Pasangan capres-cawapres, Jokowi-Ma`ruf Amin unggul di kantong pemilih muslim dibanding dengan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pasangan, Joko Widodo dan Maruf Amin (Foto: Antara)

Jakarta - Pasangan capres-cawapres, Jokowi-Ma`ruf Amin unggul di kantong pemilih muslim dibanding dengan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hal itu berdasarkan hasil survei yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Selasa (21/8). Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan, pasangan Jokowi-Ma`ruf Amin memperoleh 52,7 persen di kantong pemilih muslim.

"Pasangan Prabowo-Sandiaga sebesar 27,9 persen dan belum memilih sebesar 19 persen. Perbedaan kedua pasangan calon di kantong suara muslim mencapai dua digit," kata Adjie, dalam rilis terbaru di kantor LSI Denny JA, Jakarta, Selasa (21/8).

Selain itu, kata Adjie, Jokowi-Ma`ruf juga unggul dalam segmentasi pemilih non-muslim dengan raihan 47,5 persen. Sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga dengan raihan 43,6 persen.

"Pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 8,9 persen. Jaraknya tipis, Ini cukup penting karena populasi 10 persen akan menentukan menang atau kalah. Kita belajar di pilpres 2014 lalu pak Jokowi unggul telak di minoritas," terangnya.

Diketahui, survei ini digelar 12 Agustus-19 Agustus 2018. Jumlah responden dalam survei tersebut 1.200 responden. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling dengan jumlah proporsional dengan margin of error sebesar 2,9 persen yang dilaksanakan di 33 provinsi.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner yang dilengkapi denhan penelitian kuakitatif dengan metode analisis media, FGD dan in depth interview.

TAGS : Pilpres 2019 Presiden Jokowi Cawapres Maruf Amin




TERPOPULER :