Senin, 01/03/2021 13:53 WIB

AS Angkat Tangan Perselisihan Arab Saudi-Kanada

Arab Saudi memutuskan hubungan dengan diplomatik menyusul tekanan Kanada untuk membebaskan aktivis yang dipenjara

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: AP)

Washington - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mendesak Arab Saudi dan Kanada untuk menyelesaikan sengketa yang memiliki hubungan yang tegang antara kedua negara.

"Kedua belah pihak perlu menyelesaikan perselisihan ini secara diplomatis. Kami tidak bisa melakukannya untuk mereka. Mereka yang harus menyelesaikannya bersama-sama," kata juru bicara Heather Nauert, Selasa.

Senin, Arab Saudi mengusir duta besar Kanada dan membekukan hubungan diplomatik dengan Kanada, yang dituduh mengganggu urusan dalam negerinya menyusul seruan pembebasan aktivis yang dipenjara oleh Kerajaan.

"Ini adalah masalah diplomatik. Arab Saudi dan Kanada pasti bisa bekerja sama," tambah dia.

Pada Kamis pekan lalu, Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland menyerukan keprihatinan atas penahanan aktivis hak asasi manusia Samar Badawi, saudari aktivis dan penulis Saudi yang dipenjara, Raif Badawi, dan meminta Arab Saudi untuk membebaskan mereka.

Kementerian Luar Negeri Saudi mengatakan "apa yang disebut aktivis masyarakat sipil" telah ditahan sesuai hukum dan permintaan Kanada untuk pembebasan mereka adalah "gangguan dalam urusan domestik Kerajaan, terhadap norma-norma internasional dasar dan semua protokol internasional".

Samar Badawi, seorang aktivis hak-hak asasi manusia berskala internasional, adalah saudara perempuan Raif Badawi, seorang blogger pembangkang Saudi yang telah dipenjarakan oleh pemerintah Saudi sejak 2012 atas tuduhan murtad dan "menghina Islam melalui saluran elektronik." Dia juga mendapat cambukkan brutal di depan publik.

Istri Raif Badawi, Ensaf Haidar, dan ketiga anak mereka telah tinggal di Quebec, Kanada, sejak 2015, setelah melarikan diri dari persekusi lebih lanjut. Pada 1 Juli) 2018, Haidar dan anak-anak menjadi warga negara Kanada. (aa)

TAGS : Amerika Serikat Kanada Arab Saudi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :