Jum'at, 26/04/2024 14:04 WIB

Muller Sebut Tak Ada Rasis di Timnas Jerman

Tetapi Muller, alih-alih memilih untuk mendukung Ozil, memutuskan untuk menuduh media sebagai orang munafik yang tidak akan membiarkan kisah awal memudar.

Muller bersama Ozil

Jakarta - Pemain depan tim nasional Jerman, Thomas Muller menilai isu tentang rasisme yang sedang menguak ada di tim Panser adalah hanya permainan media belaka.

Menurut Muller, tak ada tindakan rasis di kubu Jerman, meskipun hal itu membuat rekannya Mesut Ozil menjadi korban dan memutuskan untuk pensiun. Baginya, pemberitaan lah yang membuat isu itu menjadi berkembang dan memunculkan perselisihan.

"Seluruh diskusi dipicu oleh orang luar," kata Muller pada konferensi pers pada Jumat menjelang pertandingan persahabatan dengan Manchester United.

"Tentu saja, protagonis dalam hal itu bertindak agak disayangkan, baik para eksekutif DFB dan para pemain," tambahnya.

"Tapi sebenarnya debat ini munafik dari sisi media. Karena debat, media mulai beredar," lanjutnya.

Ozil mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional pada bulan Juli setelah bosan dengan apa yang dia rasakan sebagai perlakuan rasis atas nama Federasi Sepak Bola Jerman (DFB), pendukung dan bahkan beberapa politisi setelah pertemuannya dengan presiden Turki kontroversial Recep Tayyip Erdogan.

Ozil juga merasa seolah-olah dia telah dikambinghitamkan oleh DFB setelah keluarnya Piala Dunia Jerman mengejutkan di babak penyisihan grup.

Tetapi Muller, alih-alih memilih untuk mendukung Ozil, memutuskan untuk menuduh media sebagai orang munafik yang tidak akan membiarkan kisah awal memudar.

"DFB ingin berdamai dengannya, menenangkannya, tetapi media selalu bertanya, lagi dan lagi. Diskusi dibuat lebih besar daripada sekarang dan sekarang Anda melihat apa yang Anda dapatkan dari itu," tutur Muller.

"Untuk angka penjualan, tentu saja ini luar biasa, karena sekarang Anda masih bisa bertanya tentang hal itu," lanjutnya.

"Bagi kami para pemain, saya pikir seluruh masalah tidak pernah sebesar yang dibuat, tetapi tentu saja kami dihadapkan olehnya dan kami masih melakukannya," tambahnya.

"Jadi sekarang kita akhirnya harus mengakhiri perdebatan itu dan berkonsentrasi pada sepakbola, karena rasisme di dalam tim nasional tidak pernah menjadi masalah."

KEYWORD :

Muller Ozil Jerman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :