Rabu, 21/10/2020 02:38 WIB

Demi Iran, India Tak Sudi Berlutut kepada AS

Pemerintah India sudah menganggap Iran sebagai sekutu utamanya di Asia dan tidak akan berlutu di bawah tekanan Amerika Serikat (AS).

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (L) dan Perdana Menteri India, Narendra Modi (Foto: Reuters)

New Delhi - Pemerintah India sudah menganggap Iran sebagai sekutu utamanya di Asia dan tidak akan berlutu di bawah tekanan Amerika Serikat (AS). Demikian disampaikan analis kebijakan luar negeri India mengatakan.

"Iran adalah sekutu India dalam kondisi apa pun di Asia Tengah. India tidak akan pernah menyerah pada tekanan Washington dan akan terus bekerja sama dengan Iran," ujar Amrita Dhillon kepada Sputnik.

Iran dan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB: AS, Prancis, Inggris, China, dan Rusia plus Jerman menandatangani kesepakatan nuklir, yang dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan, pada 2015. Iran menerima untuk mengekang program nuklirnya, sebagai imbalan keringanan sanksi ekonomi.

Namun, pada Mei Presiden AS, Donald Trump memutuskan untuk menarik diri dari kesepakatan itu. Ia menyebut pakta itu paling terburuk yang pernah diteken Washington dalam sejarah.

Selain keluar dari pakta itu, ia juga mendesak sekutunya menghentikan impor minyak mereka dari Iran pada 4 November. Kebijakan tersebut mendorong importir utama minyak mentah Iran, seperti Korea Selatan dan India, menguras otak mencari cara terhindar dari permintaan itu.

"Saya belum melihat adanya tanda-tanda perubahan kebijakan luar negeri yang berdaulat dari India. Kebijaka itu tidak bisa disandera oleh kebijakan yang mendominasi dari kekuatan besar apa pun," terangnya.

"New Delhi tidak akan sudi berlutut di sana," sambungnya.

Perihal pelabuhan Chabahar di Iran tenggara yang menghubungkan selatan ke Asia Tengah, analis, yang juga pendiri editor The Kootneeti, mengatakan, Kerjasama pelabuhan Chabahar adalah salah satu kepentingan strategis utama India untuk menjaga keseimbangan geopolitik di kawasan itu.

TAGS : Iran Amerika Serikat India




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :