Senin, 19/11/2018 22:36 WIB

Tesla Bakal Bangun Pabrik Pertama di luar AS

Dan pilihan Tesla yakni Shanghai, China.

Mobil listrik Tesla (Foto: Tesla)

Beijing – Di tengah ketegangan Amerika Serikat (AS) dan China di sektor perdagangan, produsen mobil listrik Tesla Inc. akan membangun pabrik pertamanya di luar AS. Dan pilihannya jatuh di Shanghai, China.

Tesla mengatakan, pembangunan akan dimulai dalam waktu dekat, setelah izin resmi diperoleh. Dikatakan bahwa produksi akan dimulai dalam waktu dua hingga tiga tahun, dengan target 500.000 kendaraan setiap tahunnya.

Dilansir dari Associated Press, tidak ada rincian keyangan dari perjanjian yang diumumkan pada Selasa (10/7) kemarin itu. Sebuah pernyataan menyebutkan bahwa pabrik Tesla di Shanghai akan menjadi investasi asing terbesar.

Tesla sangat berkomitmen untuk pasar China,” ujar perusahaan itu usai meneken kesepakatan bersama.

Diketahui, Tesla mulai menjual mobil di China pada 2014 silam. Meski ada bea tambahan sebesar 15 persen, China menjadi pasar nomor dua penjualan mobil-mobil Tesla setelah AS.

Kini, Tesla juga menjadi salah satu perusahaan yang terkena tambahan bea impor 25 persen yang dikenakan Beijing, sebagai balasan atas kenaikan tarif yang diberlakukan oleh Presiden AS Donald Trump.

“Tarif mungkin telah mempercepat rencana mereka untuk mendapatkan kepastian,” kata analis Cowen Jeffrey Osborne.

TAGS : Otomotif Tesla China Amerika Serikat




TERPOPULER :