Jum'at, 19/04/2024 17:12 WIB

UPZ Baznas Mabes TNI Sumbang Ambulans

Dia mencontohkan beberapa hal konkret yang dilakukan LAB. Seperti, merenovasi rumah warga  korban kebakaran di Kelurahan Kayu Manis, Matraman, Jakarta Timur. 

Penyerahan bantuan

Jakarta - Layanan Aktif Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) atau biasa disingkat LAB, semakin mengoptimalkan bantuan untuk para mustahik. 

LAB secara proaktif mendatangi titik-titik strategis lokasi asnaf terutama fakir dan miskin dari kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) hingga berbagai daerah di sejumlah provinsi.

“Kami memiliki tim yang bergerak proaktif mencari dan mendatangi para mustahik yang membutuhkan bantuan. Ini meniru pola yang dilakukan sahabat Nabi Muhammad SAW, Umar bin Khattab,” ujar Kepala Divisi Pendistribusian Baznas, Ahmad Fikri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (10/7/2018). 

Dia mencontohkan beberapa hal konkret yang dilakukan LAB. Seperti, merenovasi rumah warga  korban kebakaran di Kelurahan Kayu Manis, Matraman, Jakarta Timur. 

Juga memberikan bantuan biaya rumah sakit untuk Aditya Kusuma Wardana (33 tahun). Fikri menceritakan problematika yang dialami Aditya. 

Menurut dia, sang istri, Ny. Atikah (30 tahun) melahirkan bayi prematur secara sectio saecarea karena posisi terbalik (sungsang) di sebuah RS di Jakarta, pada Kamis (5/7/2018).

Bayi bernama Revalina itu tertahan di rumah sakit karena ayahnya tak mampu membayar biaya medis.  Aditya sehari-hari tinggal di Masjid Nurul Amanah sekitar Terminal Kampung Rambutan. Karena dengan pendapatan Rp 400 ribu dari berdagang kopi membantu temannya, ia tak bisa mengontrak rumah dan memenuhi biaya hidup keluarga. Tim LAB pun melunasi seluruh biaya RS bayi Revalina.

Ada juga bantuan permohonan bantuan renovasi rumah mustahik bernama Warsid (48 tahun) yang tinggal di Kota Indramayu, Jawa Barat. 

Ia adalah nelayan berpenghasilan rata-rata Rp 600 ribu per bulan, yang harus menghidupi seorang istri dan 4 anak. 

“Kondisi rumah Warsid sangat memprihatinkan. Yakni, berdinding bilik bambu yang sudah rapuh, dengan lantai tanah. Jika musim hujan tiba dan saat air laut pasang air masuk ke dalam rumah. Sabtu, 7 Juli 2018, tim LAB menyambangi kediaman Pak Warsid menyampaikan amanah dari Baznas untuk membantu merenovasi rumahnya,” kata Fikri seraya menyebutkan masih banyak contoh-contoh lain yang dilakukan LAB untuk mustahik. 

KEYWORD :

Baznas Ambulans Zakat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :