Selasa, 20/11/2018 14:50 WIB

Rayakan Kemenangan, Perempuan Saudi Ambil Alih Kenderaan

Perayaan bahkan mencapai Perancis, anggota perempuan pertama dari federasi motorsport nasional Saudi, Aseel Al-Hamad mengendarai mobil balap Formula 1 dalam parade khusus sebelum Grand Prix Perancis di Le Castellet.

Perempuan Arab Saudi Perempuan Saudi dan teman-temannya merayakan pertama kalinya mengemudi di jalan utama kota Alkhobar di Arab Saudi timur menuju ke Bahrain pada 24 Juni 2018. (Foto: Hussain Radwan/AFP)

Jeddah – Setelah lebih dari 60 tahun dilarang , kini perempuan Arab Saudi sudah secara resmi mengemudi mobil pada Minggu (24/6) kemarin.

Banyak warga net membanjiri media sosial dengan video-video mengendarai mobil pertama mereka, sementara beberapa petugas polisi di antara sejumlah besar keluar di jalan membagikan mawar kepada pengemudi yang baru kali pertama.

Perayaan bahkan mencapai Perancis, anggota perempuan pertama dari federasi motorsport nasional Saudi, Aseel Al-Hamad mengendarai mobil balap Formula 1 dalam parade khusus sebelum Grand Prix Perancis di Le Castellet.

"Saya berharap melakukannya pada hari ketika wanita dapat berkendara di jalan-jalan di Kerajaan Arab Saudi menunjukkan apa yang dapat Anda lakukan jika Anda memiliki semangat dan semangat untuk bermimpi," katanya.

Sebagai penghormatan kepada supir perempuan Saudi, penyanyi sopran asal Libanon Hiba Tawaji merilis sebuah video khusus dari sebuah lagu yang ia tampilkan secara langsung di Riyadh pada sebuah konser pada Desember lalu.

"Hari ini para wanita di Arab Saudi dapat secara legal mengendarai mobil mereka," katanya.

"Selamat atas pencapaian ini, ini untuk Anda!" sambungnya.

Kembali ke rumah di Arab Saudi, suasananya sangat menggembirakan. "Ini hari yang indah," kata wanita pebisnis, Samah Algosaibi saat ia berkeliling kota Alkhobar.

"Hari ini kita di sini," katanya dari kursi pengemudi. "Kemarin kami duduk di sana," katanya, menunjuk ke belakang.

"Saya merasa bangga, saya merasa bermartabat dan saya merasa terbebaskan," kata anggota Dewan Shoura Saudi Lina Almaeena, salah satu wanita pertama yang menyetir di Kerajaan.

Ia mengatakan kepada Arab News bahwa acara itu mengubah hidupnya dengan "memfasilitasi, membuatnya lebih nyaman, membuatnya lebih menyenangkan, dan membuatnya lebih bebas stres."

Almaeena mendesak semua pengemudi untuk mengikuti peraturan lalu lintas dan keselamatan jalan. "Apa yang membuat saya cemas adalah kesalahan dari banyak pengemudi, pengemudi pria. Sayangnya mereka tidak disiplin seperti seharusnya. Hal-hal sederhana seperti mengubah jalur dan menggunakan sinyal And, ini membuat saya cemas.

"Tetapi saya yakin, Saya telah berkeliling ke seluruh dunia ketika saya melakukan perjalanan, terutama ketika saya mengenal daerah tersebut. Ini benar-benar terutama bagaimana menjadi pembalap bertahan karena Anda harus melakukannya."

TAGS : Arab Saudi mengemudi perempuan




TERPOPULER :