Minggu, 23/09/2018 19:03 WIB

7 Alasan Mengapa Anda Harus Berhubungan Seks

Seks memiliki banyak manfaat lain yang mungkin akan mengejutkan Anda.

Ilustrasi seks bisa membahagiakan pasangan.(Foto : Google)

Jakarta - "Ada banyak penelitian yang menjelaskan manfaat kesehatan dari seks," kata Sandra L. Caron, PhD, ahli terapi seks dan profesor hubungan keluarga dan seksualitas manusia di Universitas College Pendidikan dan Pengembangan Manusia di Orono. "Sebagian besar dari mereka berhubungan dengan mencapai orgasme. Tidak ada yang mengatakan Anda harus bersama seseorang untuk melakukan itu."

Itu tips seks yang menarik bagi orang yang tidak memiliki pasangan dengan komitmen" Self-pleasuring dapat menawarkan manfaat seks, terutama yang secara khusus berkaitan dengan orgasme yang baik. Berikut 7 manfaat hubungan seks dengan pasangan yang perlu Anda tahu.

1. Peningkatan Kesehatan Jantung
Sama seperti aktivitas fisik lainnya, seks yang sehat baik untuk jantung Anda. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Januari 2015 di American Journal of Cardiology menemukan bahwa pria yang melakukan hubungan seks dua kali seminggu atau lebih memiliki risiko kurang penyakit kardiovaskular, seperti stroke atau serangan jantung, dibandingkan mereka yang melakukan hubungan seks sebulan sekali atau kurang.

Dan bagi mereka yang khawatir bahwa pengerahan tenaga dalam seks merupakan ancaman bagi jantung, Pernyataan Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika tentang Aktivitas Seksual dan Penyakit Kardiovaskular mengatakan bahwa berhubungan seks aman bagi orang yang dapat berolahraga tanpa masalah jantung dalam rentang 3 hingga 5  ekuivalen metabolik (MET). MET adalah ukuran energi (kalori) yang dikeluarkan selama suatu aktivitas. Berolahraga pada 3 MET hampir sama dengan berjalan dengan kecepatan sedang, sementara 5 MET seperti latihan aerobik dampak rendah.

Berhubungan seks sebenarnya dapat dianggap sebagai bentuk latihan yang cukup baik: Sebuah penelitian kecil yang  diterbitkan pada Oktober 2013 di jurnal  PLoS One  menunjukkan bahwa pria membakar rata-rata 4 kalori per menit selama sesi-sesi seks yang rata-rata 25 menit, dan wanita membakar 3 kalori. Itu jauh lebih menyenangkan daripada bekerja keras di treadmill.

2. Meringankan Rasa Nyeri
Hanya melihat pasangan Anda atau bahkan foto pasangan Anda dapat membantu meringankan rasa sakit. Dalam studi lain yang  diterbitkan di PLoS One yang dilakukan di Stanford University di California, ahli anestesi menunjukkan foto peserta dari pasangan romantis mereka atau foto orang asing yang menarik, atau meminta mereka untuk terlibat dalam permainan kata.

Mereka menemukan bahwa melihat pasangan romantis secara signifikan menumpulkan pengalaman rasa sakit. Jadi meskipun Anda mungkin berpikir bahwa rasa sakit adalah penghalang untuk seks, pertimbangkan ini adalah manfaat seks yang sepadan dengan waktu dan usaha. Luangkan waktu sejenak untuk benar-benar melihat kekasih Anda. Penelitian lain menemukan bahwa wanita mungkin mendapatkan beberapa bantuan dari kram menstruasi melalui orgasme yang baik.

3. Turunkan Stress dan Tekanan Darah
Seks dapat membantu meredakan stress dengan meningkatkan hormon endorfin dan hormon lain yang meningkatkan mood. Sebagai bentuk latihan, itu juga dapat membantu menenangkan Anda. Selain itu, sebuah penelitian di Skotlandia yang diterbitkan dalam jurnal Biological Psychology menemukan bahwa aktivitas seksual mencegah peningkatan tekanan darah selama peristiwa yang menimbulkan stress.

Meskipun efek ini lebih terasa pada orang yang melakukan hubungan seks dengan penetrasi, seks yang tidak dapat diterima dan masturbasi juga dapat membantu Anda tetap tenang.

4. Pengurangan Risiko Kanker Prostat
Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Desember 2016 dalam jurnal European Urology menemukan bahwa pria yang mengalami ejakulasi lebih dari 21 kali per bulan, dibandingkan dengan mereka yang melakukannya empat sampai tujuh kali per bulan, memiliki kemungkinan 20 persen lebih kecil untuk terkena kanker prostat. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi tautan ini, tampak bahwa pria yang ejakulasi secara teratur dapat mengurangi risiko kanker prostat.

5. Tidur Lebih Baik dan Meningkatkan Hasrat Seksual
Menurut National Sleep Foundation, orgasme melepaskan hormon prolaktin, yang dapat membantu Anda merasa mengantuk dan rileks. Jadi jangan terlalu terkejut jika Anda dan pasangan Anda tertidur sebentar setelah sesi yang memuaskan dan bangun dengan perasaan segar.

Koneksi tidur ini juga bekerja secara terbalik: Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Mei 2015 di Journal of Sexual Medicine, cukup menutup mata dapat meningkatkan respons seksual Anda dan dapat meningkatkan kemungkinan bahwa Anda akan terlibat secara teratur dalam seks. Para peneliti menemukan bahwa ketika wanita tidur untuk waktu yang lebih lama, mereka melaporkan hasrat seksual yang lebih besar pada hari berikutnya.

6. Lebih Bahagia dan Hubungan Lebih Kuat
Tidak heran Anda memiliki pandangan yang lebih positif setelah berhubungan seks. Ada alasan-alasan biokimia untuk mengalami peningkatan mood sebagai manfaat seks, dari neurotransmiter yang mungkin dilepaskan selama hubungan seks yang sehat dengan peningkat suasana hati yang terkandung dalam air mani itu sendiri.

Dan menurut Dr. Caron, ada banyak yang bisa dikatakan hanya untuk efek meningkatkan suasana hati memiliki hubungan yang baik dengan seseorang yang Anda percayai dan pedulikan. Ditambah lagi, permainan Anda yang gegap gempita dapat menghasilkan perasaan senang yang serius setelahnya, pada gilirannya, membantu Anda menjalin ikatan yang lebih baik dengan pasangan Anda, menurut laporan yang diterbitkan pada Maret 2017 dalam jurnal Psychological Science.

Dalam studi ini, yang meneliti pasangan yang baru menikah yang menyimpan buku harian seksual dua minggu, para peneliti menemukan bahwa pasangan puas selama 48 jam penuh setelah aktivitas seksual. Dan orang-orang yang cukup beruntung untuk mengalami pijaran ini kemudian melaporkan lebih banyak kebahagiaan dalam hubungan mereka beberapa bulan kemudian.

7. Glowing, Kulit yang Lebih Muda
Anda benar-benar terlihat lebih baik setelah berhubungan seks. "Seks bahkan membantu Anda terlihat lebih muda," kata Caron. Cahaya itu dapat dikaitkan dengan kombinasi pereda stress, suasana hati yang lebih baik, dan aliran darah di bawah kulit Anda yang merupakan bagian alami dari proses gairah.

Menikmati kehidupan seks yang sehat adalah salah satu kegembiraan terbesar dalam hidup. Mengetahui keintiman bisa menjadi keuntungan bagi kesehatan jangka panjang Anda sekaligus membuatnya lebih menyenangkan.

TAGS : seks hubungan orgasme pasangan




TERPOPULER :