Jum'at, 26/04/2024 16:30 WIB

8 Saat Terbaik Anda Minum Air Putih

Para ahli merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi delapan gelas air sehari.

Ilustrasi perempuan minum air mineral dengan botol plastik.(Foto : Istimewa)

Jakarta - Apakah Anda tahu bahwa minum air bisa menjadi penyelamat hidup? Air minum yang bersih dan murni sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh Anda tetap berjalan dengan lancar. Cari tahu bagaimana tetap terhidrasi untuk melindungi kesehatan Anda. Para ahli merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi delapan gelas air sehari. Berikut saat terbaik bagi Anda mengonsumsi air putih.

1. Minumlah air saat pertama bangun tidur
Bayangkan menyalakan mobil Anda di suhu di bawah nol dan memasukkannya ke gigi tanpa menunggu mesin untuk melakukan pemanasan. Itu bisa menyebabkan kerusakan pada mesin. Hal yang sama berlaku untuk tubuh manusia. Tanpa air untuk bangun dan menyalakan tubuh di pagi hari, Anda mungkin akan mengalami dehidrasi dan kekurangan energi terutama jika Anda melewatkan sarapan.

Segelas air dingin tepat setelah Anda bangun memberitahu tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk pergi. Seperti aliran lembut mengalir yang mendorong bersama puing-puing dan batu, sistem sirkulasi Anda membutuhkan cairan untuk menyingkirkan radikal bebas yang membandel dan residu dari pembakaran kalori yang digunakan selama metabolisme malam. 

2. Minumlah Air Sebelum Makan
Minum air sebelum makan membantu Anda merasa lebih kenyang; itu berarti Anda akan cenderung mengurangi makanan Anda. Ketika Anda terhidrasi, lambung juga disiapkan untuk makanan; air membangunkan lidah dan melembabkan lapisan lambung sehingga makanan yang rapuh atau asam tidak akan terasa tidak nyaman. Segelas air membasahi mulut dan membersihkan sisa-sisa rasa dari makanan sebelumnya, minuman atau merokok untuk mengantisipasi makanan atau kudapan yang akan datang.

3. Minum Air Saat Anda Lapar
Jika Anda lapar di antara waktu makan, tuangkan segelas penuh air minum segar dulu untuk melihat apakah Anda mengalami dehidrasi. Terkadang orang berpikir mereka lapar ketika mereka benar-benar haus. Minum air sebelum camilan atau dengan satu akan membantu Anda merasa kenyang lebih cepat, membantu menjaga asupan kalori tetap terkendali. 

4. Minumlah Air Sebelum Berolahraga
Tergantung pada suhu, kelembaban dan tingkat cairan tubuh, Anda mungkin memerlukan satu atau beberapa gelas 8 ons untuk melindungi dari dehidrasi selama dan setelah latihan. Hidrasi sangat penting untuk menjaga terhadap serangan panas dalam cuaca hangat dan radang dingin dalam suhu dingin, karena sirkulasi tubuh Anda memainkan peran pelindung di kedua suhu ekstrem dan membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik. 

5. Minumlah Air Setelah
Berolahraga setelah berolahraga, Anda mungkin perlu minum banyak air untuk mengganti cairan yang hilang melalui keringat dan buang air kecil. Jumlah yang Anda perlukan tergantung pada berat badan, kesehatan dan apakah Anda berolahraga dalam kondisi panas atau lembab terutama untuk jangka panjang di antara faktor-faktor lainnya. Pastikan untuk tidak minum terlalu banyak air terlalu cepat atau Anda bisa mengalami kram perut.

6. Minumlah Air Ketika Anda Terkena Kuman
Jika Anda ada di sekitar orang sakit di rumah sakit atau di tempat kerja dan sekolah, minumlah lebih banyak air daripada biasanya untuk membantu membersihkan kuman dan virus yang mungkin diambil tubuh Anda. Tubuh yang terhidrasi dengan baik mendorong penjajah bakteri dan virus untuk bergerak bersama sehingga mereka tidak menetap dan berkembang biak dalam sistem Anda. 

7. Minum Lebih Banyak Air Saat Anda Sakit
Saran yang diberikan ibu Anda masih berlaku: Ketika Anda sakit, Anda perlu minum banyak cairan, termasuk air, untuk menjadi lebih baik. Minum delapan gelas air setiap hari (8 ons per gelas) masih merupakan tujuan yang baik bagi kebanyakan orang, tetapi cairan lain seperti teh, jus, dan sup juga dihitung dari total asupan Anda.

8. Minum Air Saat Anda Lelah
Jika Anda merasa perlu tidur siang tetapi tidak dapat, minum segelas atau dua gelas saja. Tahukah Anda bahwa kelelahan adalah salah satu tanda dehidrasi? Karena kemampuannya untuk bergerak cepat ke seluruh tubuh, air dapat mencapai otak, katakanlah sedikit dorongan sebelum rapat besar atau ketika Anda berada di batas waktu, bahkan jika tidak mendapatkan banyak perhatian.

KEYWORD :

air putih hidrasi minum




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :