Kamis, 18/04/2024 08:47 WIB

KAI Jakarta Sediakan Fasilitas Isi Ulang Air Minum untuk Pemudik

Persiapan tidak hanya dari sisi jumlah perjalanan dengan rangkaian yang telah disiapkan, tapi juga sejumlah fasilitas lain di stasiun.

Kereta Api. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta menyediakan fasilitas water station atau isi ulang air minum di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir guna memenuhi kebutuhan pemudik saat periode angkutan Lebaran 2023.

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Jakarta, Jumat, mengatakan, pihaknya menyiapkan water station untuk penumpang yang ingin mengisi ulang air minum secara gratis. Di Stasiun Pasar Senen, water station itu disebar di empat titik.

“Jadi memang sejumlah persiapan itu kita lakukan ya untuk mengakomodir layanan pengguna jasa di masa angkutan lebaran 2023 ini," kata Eva.

Ia menyebutkan persiapan tidak hanya dari sisi jumlah perjalanan dengan rangkaian yang telah disiapkan, tapi juga sejumlah fasilitas lain di stasiun.

"Untuk tahun ini kami sudah siapkan water station yang bisa digunakan pengguna jasa baik itu di  Stasiun Gambir maupun Stasiun Pasar Senen,” kata Eva.

Selain itu, KAI juga menambah kapasitas kursi di ruang tunggu beserta area boarding di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.

Eva mengungkapkan KAI telah menambah kursi tunggu yang mencapai 2.200 kursi di Stasiun Pasar Senen. Sedangkan di Stasiun Gambir, KAI menambah 1.600 kursi untuk dapat digunakan pemudik.

Untuk area boarding, KAI menambah meja pemeriksaan tiket di masing-masing titik agar mempercepat proses antrean para pemudik.

“Jadi seperti di Gambir contohnya, biasanya area boarding hanya ada di hall selatan, nah saat ini sudah ada di hall utara juga kita buka. Di Pasar Senen juga kita tambah sekitar tiga titik meja pemeriksaan tiket, lalu kita tambah ketersediaan jumlah kursi untuk penumpang yang menunggu, baik itu di zona tiga. Zona ketiga itu sebelum boarding, zona dua setelah boarding,” jelasnya.

Tidak hanya menambahkan fasilitas baru, KAI juga telah membenahi fasilitas yang telah ada agar lebih bagus dan nyaman digunakan. Salah satu fasilitas yang direnovasi adalah area bermain anak. Renovasi tersebut meliputi perluasan, penambahan fasilitas bermain, serta penataan ulang area.

"Nah, kemudian juga kita menyiapkan arena bermain anak dengan fasilitas yang lebih bagus lagi, dengan luas yang lebih besar, dengan harapan ini dapat memberikan kenyamanan bagi keluarga yang membawa anak-anak pada saat menunggu kereta," pungkas Eva.

KEYWORD :

KAI Kereta Api Jakarta Mudik Lebaran Fasilitas Air Minum




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :