Jum'at, 16/11/2018 06:24 WIB

Saudi Terbitkan 10 SIM Perdana untuk Perempuan

Sepuluh perempuan Arab Saudi mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) dari pemerintah pada Senin (4/6)

Ilustrasi perempuan Saudi

Riyadh - Sepuluh perempuan Arab Saudi mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) dari pemerintah pada Senin (4/6) kemarin. Ini merupakan penerbitan perdana, pasca larangan mengemudi bagi perempuan berakhir.

Dilansir dari CNN, para pejabat berharap 2.000 perempuan lainnya juga mengajukan permohonan SIM, sebagai syarat untuk berkendara di Saudi, yang akan mulai diberlakukan pada 24 Juni mendatang.

Sementara pada Sabtu (2/6) lalu, pemerintah Saudi merilis delapan aktivis yang ditangkap selama Mei karena memprotes larangan tersebut. Seluruhnya sudah dibebaskan, namun masih ada sembilan lainnya yang masih ditahan menurut Jaksa Penuntut Umum Saudi.

Kebijakan memberikan izin perempuan berkendara merupakan reformasi putra mahkota untuk mencapai ekonomi Saudi 2030. Salah satunya ialah meningkatkan partisipasi perempuan di dunia kerja.

Diketahui, Saudi selama ini kental dengan corak Wahabi, yang membatasi pergaulan perempuan dengan laki-laki. Perempuan harus mendapatkan izin dari wali untuk mengikuti setiap kegiatan.

Namun beberapa waktu terakhir kerajaan mulai mengurangi corak tersebut. Perempuan mulai diberikan akses pada pendidikan dan ruang publik, seperti bioskop dan stadion olahraga.

TAGS : Arab Saudi Perempuan




TERPOPULER :