Selasa, 17/09/2019 13:18 WIB

Temui Korsel, Duterte Sebut Kim Jong-un Pahlawan

Duterte berjanji, bila dalam pertemuan selanjutnya bertemu dengan Kim, dia akan memberikan selamat

Presiden Filipina Rodrigo Duterte berbicara dalam KTT CEO APEC, yang berlangsung menjelang pertemuan puncak para pemimpin Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di kota Danang, Vietnam pusat pada 9 November 2017. (Reuters / Hoang Dinh Nam / Pool)

Manila - Presiden Filipina Rodrigo Duterte menggambarkan Kim Jong-un sebagai sosok pahlawan, setelah pemimpi Korea Utara itu  bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Jumat pekan lalu.

Duterte berjanji, bila dalam pertemuan selanjutnya bertemu dengan Kim, dia akan memberikan selamat, karena telah mengakhiri ketegangan yang terjadi selama 65 tahun terakhir. Duterte juga memuji upaya Kim untuk melakukan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

"Dia idola saya. Kim Jong-un. Dulu dia digambarkan sebagai anak nakal, tapi hanya dengan satu stroke master, Kim berubah menjadi pahlawan semua orang. Dia tampak ramah, riang, baik, dan sangat akomodatif," ujar Duterte kepada awak media di Singapura akhir pekan lalu.

"Saya berharap dia tetap seperti itu, karena tidak ada yang benar-benar mengejarnya. Hanya masalah perbedaan sejarah yang diciptakan di sana. Suatu hari nanti, jika saya bertemu dengannya, saya ingin mengucapkan selamat," imbuh Duterte.

Sebelumnya, Duterte sesekali mengkritik Kim atas ambisi nuklirnya. Pada April lalu, Duterte mempertanyakan kewarasan Kim, dan mendesak Amerika Serikat menahan diri untuk tidak terpancing dengan provokasi Korut.

Duterte juga pernah menyebut Kim dengan sebutan `bodoh`, karena menilai Kim bermain-main dengan program nuklirnya yang dianggap nisa menjadi ancaman bagi dunia internasional.

TAGS : Filipina Duterte Kim Jong-un Korea Utara




TERPOPULER :