Jum'at, 21/09/2018 03:56 WIB

Mantan Pimpinan AntiKorupsi Mesir Dipenjara karena "Berita Palsu"

Pada bulan Februari, Geneina mengatakan dia memiliki akses ke dokumen yang melibatkan pejabat tinggi negara

Mantan petinggi anti-korupsi Mesir, Hisham Geneina

Kairo  - Pengadilan militer Mesir  memenjarakan mantan petinggi anti-korupsi Hisham Geneina karena menyebarkan "berita palsu" tentang militer Mesir. Putusan itu masih dapat diajukan banding.

"Pengadilan militer `menampar` Geneina dengan hukuman lima tahun penjara karena menyebarkan berita palsu tentang tentara," ujar Pengacara Ali Taha.

Geneina sebelumnya telah ditangkap pada Februari - dua hari setelah mengklaim bahwa mantan kepala staf angkatan bersenjata memiliki dokumen yang melibatkan pejabat tinggi negara bagian dalam kegiatan ilegal.

Sebagai ikon independensi peradilan, Geneina sebelumnya menjabat sebagai kepala Organisasi Pusat Audit Mesir (CAO), yang bertugas memantau belanja pemerintah.

Pada awal 2016, Geneina dipecat dari jabatannya sebagai kepala CAO oleh Presiden Abdel-Fattah al-Sisi setelah dia mengatakan bahwa korupsi dari 2012 hingga 2015 telah merugikan Mesir hingga USD75 miliar.

Al-Sisi bereaksi dengan membentuk komisi pencari fakta, yang menuduh Geneina memalsukan informasi dan mendistorsi fakta. Panel mengatakan pernyataan mantan ketua CAO itu "menyesatkan" dan "tidak memiliki kredibilitas". (AA)

TAGS : Berita Hoaks Hisham Geneina Sosial Media Mesir




TERPOPULER :