Jum'at, 26/04/2024 18:15 WIB

Ini Manfaat Berikan Donasi Saat Berbelanja

Biasanya saat berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan, sisa pembayaran dengan kisaran Rp100 hingga Rp500 atau bahkan lebih

Para pedagang penerima bantuan dari Baznas yang bekerja sama dengan Lotte mart, Rabu (18/04)

Jakarta - Biasanya saat berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan, sisa pembayaran dengan kisaran Rp100 hingga Rp500 atau bahkan lebih kadang diminta untuk disumbangkan oleh petugas toko.

Namun tahukah Anda bahwa donasi yang disumbangkan walau dalam jumlah yang kecil, ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan para pedagang kecil di daerah-daerah.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang bekerjasama dengan Lottemart memanfaatkan donasi yang diberikan oleh para pelanggan untuk membantu pedagang kecil yang dinilai layak mendapatkan bantuan.

Melalui donasi tersebut, setiap pedagang mendapatkan bantuan sebesar Rp16,5 juta. Namun para pedagang tersebut tak menerima dalam bentuk uang melainkan berupa rombong usaha dan modal barang dagangan serta biaya pendampingan.

"Ya, kami bekerjasama dengan lottemart melalui program "Sedekah Bikin Untung" untuk membantu para pedagang kecil di daerah-daerah tertentu lewat donasi yang diberikan para konsumen Lotte. Saat ini sudah ada delapan yang telah menerima bantuan di berbagai daerah di Indonesia seperti Medan, Lampung, Jakarta, Depok,dll," ujar Direktur Pendistribusian Baznas, Mohd. Nasir Tajang, di Lotte Grosir, Pasar Rebo, Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Nasir menambahkan donasi yang dikumpulkan Lottemart hingga Maret 2018 mencapai Rp100 juta di seluruh outlet Lottemart yang ada di Indonesia.

"Dengan dana sebesar itu kita berharap bisa membantu para pedagang-pedagang kecil, yang benar-benar membutuhkan bantuan," tambahnya.

Namun menurut Nasir pedagang yang berhak mendapatkan bantuan itu, ialah pedagang yang memiliki tanggungan besar dalam keluarganya dan tergolong kaum mustahik.

"Tentu yang kami bantu adalah pedagang yang sudah memiliki toko, dan tanggungan besar seperti memiliki anak banyak dan kondisi ekonomi di bawah," lanjutnya.

“Ini patut kita apresiasi dan syukuri. Karena Lotte Grosir sebagai salah satu perusahaan multinasional, untuk ke sekian kalinya, memercayakan pendistribusian bantuannya melalui Baznas."

Senada dengan Nasir, Evi Lionawan selaku pihak Lottemart mengatakan tujuan kegiatan penyaluran donasi pelanggan ini adalah untuk mensosialisasikan program “Sedekah Bikin Untung” kepada masyarakat. Sekaligus menyampaikan laporan penyaluran hasil donasi pelanggan Lotte Grosir.

“Melalui program ini, diharapkan semakin banyak orang yang berdonasi dan semakin banyak orang yang terbantu sehingga dapat keluar dari kemiskinan,” tuturnya.

KEYWORD :

Donasi Zakat Baznas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :