Rabu, 12/12/2018 15:14 WIB

Tiga Alasan Mengapa Anda Harus Latihan Beban

Selain penampilan tubuh baik dan menjaga kesehatan, juga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

ilustasi seorang wanita sedang olahraga lari untuk penampilan tubuh

Jakarta - Berlatih angkat beban dan membuat diri Anda lebih kuat ternyata memiliki banyak keuntungan. Selain penampilan tubuh baik dan menjaga kesehatan, juga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Tubuh yang kuat menjadikan diri semakin menarik. Hal ini berlaku tidak hanya bagi perempuan tapi juga bagi kaum pria. Memiliki tubuh yang kencang, berotot dan semua fungsi tubuh berjalan baik telah menjadi kategori seseorang untuk dipersepsikan “sexy”. Bahkan, ada adagium baru yaitu "Strong is The New Sexy."

Berikut adalah alasan mengapa Anda perlu menambah latihan beban pada kegiatan olahraga rutin:

1. Membakar lebih banyak kalori
Dengan menambahkan latihan beban dan menjadi kuat, Anda akan mengubah seluruh aspek tubuh. Orang yang masa ototnya meningkat dapat membakar kalori lebih banyak pada saat istirahat. Itu terjadi karena tubuh membutuhkan banyak energi untuk mempertahankan massa otot. Olehnya itu, Resting Metabolic Rate (RMR) Anda akan meningkat.

RMR adalah tingkat dimana tubuh anda membakar energi ketika beristirahat. Anda dapat menghitung tingkat RMR anda untuk melihat berapa banyak kalori yang anda butuhkan saat tubuh istirahat untuk melakukan fungsi dasar tubuh seperti bernapas, mengalirkan darah ke seluruh tubuh dll.

2. Meningkatkan kepadatan tulang
Latihan beban sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang bagi orang dari segala usia. Seperti kita ketahui, proses penuaan dikaitkan dengan penurunan kepadatan tulang yang menyebabkan semakin tingginya risiko patah tulang. Jadi pertimbangkan dulu sebelum anda menambah bobot latihan beban anda, karena tulang anda bergantung pada kekuatannya dalam menerima latihan.

3. Peningkatan kinerja tubuh
Jika tubuh Anda terbiasa untuk mengangkat beban, bayangkan mudahnya menopang berat tubuh Anda sendiri. Peningkatan kekuatan tubuh berarti juga kegiatan anda sehari-hari akan menjadi lebih mudah. Dengan kata lain, peningkatan kekuatan otot akan berbanding lurus dengan peningkatan kinerja tubuh Anda.

Dengan tubuh yang bertambah kuat, Anda akan memiliki beberapa keuntungan, dan tidak perlu merasa khawatir tubuh terlihat tidak proporsional. Menambah latihan beban pada olahraga rutin Anda dua sampai tiga kali seminggu dengan diimbangi dengan asupan makanan kaya protein akan membantu memndapatkan tubuh sehat berotot.

"Jangan takut untuk latihan beban. Tapi pastikan Anda memulai latihan beban dengan tepat dan sesuai dengan kemampuan tubuh Anda di tahap awal. Yang penting diketahui pada saat akan memulai sebuah sesi olahraga, perlu mengetahui kemampuan tubuh Anda sendiri. Dan satu lagi yang penting adalah selama olahraga kita harus terus menjaga asupan cairan untuk tubuh," jelas Samantha.

TAGS : Latihan Beban Tips Kesehatan Penampilan Tubuh




TERPOPULER :