Minggu, 18/11/2018 10:25 WIB

Yusril Punya Bukti PBB Penuhi Syarat di Papua Barat

Yusril menegaskan akan melawan KPU. Yusril bahkan siap memidanakan seluruh komisioner KPU.

Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra

Jakarta - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra bakal menyerahkan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu), terkait gagalnya PBB lolos sebagai partai peserta pemilu 2019.

Yusril mengatakan pihaknya sudah mendapatkan bukti pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat yang menyatakan bahwa PBB memenuhi syarat (MS) di atas 75 persen kabupaten/kota. Keputusan KPU Manokwari Selatan (Mansel) yang semula menyatakan PBB tidak memenuhi syarat (TMS), telah dikoreksi oleh KPU Papua Barat.

"Berita acara PBB MS di Papua Barat dari KPU Provinsi Papua Barat kami punya. Begitu juga rekaman video pengumumannya, saksi-saksi, serta pemberitaan media lokal. Tapi setelah pleno, kami menduga KPU Provinsi Papua Barat mengubah berita acara MS menjadi TMS. Dan berita acara itu yang mereka bawa ke Jakarta," terang Yusril lewat siaran pers, Senin (19/2) di Jakarta.

Perubahan pleno itu, kata Yusril, sudah dia sampaikan ke KPU Pusat. Namun, KPU Pusat menurutnya terlalu berbelit-belit, hingga akhirnya ketika partai peserta pemilu 2019 diumumkan, tidak ada nama PBB di dalamnya, hanya karena PBB TMS di Kabupaten Mansel, Papua Barat.

Yusril menambahkan, ketika mengumumkan partai-partai yang lolos dan tidak lolos, komisoner KPU Pusat sempat mengatakan bahwa PBB TMS di Sumatera Utara. Pernyataan itu tak lama kemudian diralat, dan diganti TMS di Papua Barat.

Atas polemik ini, Yusril menegaskan akan melawan KPU. Yusril bahkan siap memidanakan seluruh komisioner KPU.

"Jika KPU mengatakan mereka siap menghadapi gugatan PBB, maka kami berkali-kali siap melawan KPU. Bahkan kami juga siap untuk memidanakan seluruh komisioner KPU, jika mereka terlibat dalam konspirasi menggagalkan PBB," tegas Yusril.

TAGS : PBB Pemilu 2019 Yusril Ihza Mahendra




TERPOPULER :